Ahad 08 Mar 2015 08:57 WIB

JJF 2015 Kolaborasikan Musisi Lokal dan Mancanegara

Rep: Niken Paramita Wulandari/ Red: Winda Destiana Putri
Penampilan Grup Band Sheila On 7 diatas panggung Java Jazz Festival yang diselenggarakan di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (6/3). (Republika/Raisan Al Farisi)
Penampilan Grup Band Sheila On 7 diatas panggung Java Jazz Festival yang diselenggarakan di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (6/3). (Republika/Raisan Al Farisi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kolaborasi musisi internasional dan Indonesia menjadi suguhan berbeda Java Jazz Festival (JJF) 2015. Enam penampilan kolaborasi telah dihadirkan untuk menghibur penonto festival jazz ke-11 ini.

Diantaranya adalah Sheila on 7 yang telah berbagi panggung dengan Ron King Horn Section. Paduan musik Ron King Horn Section menjadikan harmoni Sheila on 7 lebih terdengar jazzy.

Kolaborasi lainnya yang ditawarkan seperti Dwiki Dharmawan dengan Wuartet Vilet Spin dari Austria. Reza Artamevia dengan Teza Sumendra dan, penyanyi jazz senior Dian Permana Putra berkolaborasi dengan pemain harmonica asal Jerman. Tulus yang beradu panggung dengan pemain trumpet asal Amerika Maurice Brown. Serta kolaborasi musisi Indonesia dan Polandia seperti Dominik Bukowski, Sri Hanuaraga, dan Elfa Zulfam.

Koordinator Program Java Festival Production, Eki Puradiredja, mengungkapkan kolaborasi musisi lokal dan mancanegara merupakan agenda tahunan yang sengaja disiapkan. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang akan datang ke JJF.

"Pekerjaan rumah kami adalah bagaimana memikirkan kolaborasi yang berbeda setiap kali even dilaksanakan. Siapa yang harus dipasangkan dan bagaimana mengatur jadwal latihan mereka yang sempit," katanya.

JJF 2015 digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta, 6-8 Maret. Sebanyak 16 panggung disiapkan untuk menjadi rumah bagi pertunjukkan 55 musisi internasional dan 87 musisi Indonesia. Selama tiga hari JJF akan menyuguhkan total pertunjukkan sebanyak 187 pertunjukkan.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
مَثَلُ الْجَنَّةِ الَّتِيْ وُعِدَ الْمُتَّقُوْنَ ۗفِيْهَآ اَنْهٰرٌ مِّنْ مَّاۤءٍ غَيْرِ اٰسِنٍۚ وَاَنْهٰرٌ مِّنْ لَّبَنٍ لَّمْ يَتَغَيَّرْ طَعْمُهٗ ۚوَاَنْهٰرٌ مِّنْ خَمْرٍ لَّذَّةٍ لِّلشّٰرِبِيْنَ ەۚ وَاَنْهٰرٌ مِّنْ عَسَلٍ مُّصَفًّى ۗوَلَهُمْ فِيْهَا مِنْ كُلِّ الثَّمَرٰتِ وَمَغْفِرَةٌ مِّنْ رَّبِّهِمْ ۗ كَمَنْ هُوَ خَالِدٌ فِى النَّارِ وَسُقُوْا مَاۤءً حَمِيْمًا فَقَطَّعَ اَمْعَاۤءَهُمْ
Perumpamaan taman surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa; di sana ada sungai-sungai yang airnya tidak payau, dan sungai-sungai air susu yang tidak berubah rasanya, dan sungai-sungai khamar (anggur yang tidak memabukkan) yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai madu yang murni. Di dalamnya mereka memperoleh segala macam buah-buahan dan ampunan dari Tuhan mereka. Samakah mereka dengan orang yang kekal dalam neraka, dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga ususnya terpotong-potong?

(QS. Muhammad ayat 15)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement