Wednesday, 30 Zulqaidah 1443 / 29 June 2022

Wednesday, 30 Zulqaidah 1443 / 29 June 2022

30 Zulqaidah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

'Jadilah Pribadi Wajib Seperti Rasulullah'

Sabtu 21 Mar 2015 11:51 WIB

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Indah Wulandari

Pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama bertemu tokoh-tokoh Muslim AS

Pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama bertemu tokoh-tokoh Muslim AS

Foto: VOA

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Anggota Departemen Dakwah PP Persaudaraan Muslimah (Salimah) ustazah Ika Abriastuti mengatakan, individu itu terdiri dari berbagai macam jenis kepribadian.

“Pribadi wajib, yakni orang yang selalu ditunggu-tunggu kedatangannya seperti Rasullulah,” ujarnya, Sabtu (21/3).

Sementara, pribadi sunah, ujar Ika, adalah orang yang kalau tidak hadir maka orang-orang lain akan merasa kehilangan. Sedangkan pribadi  mubah adalah orang yang hadir atau tidak, tidak akan memberikan efek atau pengaruh apa-apa.

Pribadi makruh, terang dia, adalah orang yang kalau hadir, orang-orang lain menjadi kurang nyaman. Misalnya, dia banyak komentar. Namun, komentarnya kurang menyenangkan sehingga orang yang dikomentari jadi merasa tak nyaman.

Sedangkan pribadi haram, kata Ika, adalah orang yang perbuatannya sangat tidak menyenangkan sehingga orang jadi enggan bersamanya. Misalnya, suka berbuat maksiat, suka melakukan tindakan yang merugikan orang lain.

Ia pun mengingatkan agar setiap Muslim menjadi pribadi yang baik seperti pribadi wajib maupun pribadi sunah. Lantaran kehadirannya bisa menyejukkan orang lain.

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile