Ahad 22 Mar 2015 03:00 WIB

Obama: AS Mencari Hubungan Damai dengan Iran

Rep: C24/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Presiden AS Barrack Obama.
Foto: AP Photo/Rob Griffith
Presiden AS Barrack Obama.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden AS Barack Obama mengatakan tahun ini akan berusaha menjalin hubungan baik dengan Iran.  "kesempatan terbaik dalam beberapa dekade" untuk mengejar hubungan yang berbeda antara kedua negara mereka. 

Hal tersebut diungkapkannya, dikutip dari laman Huffington Post,  dalam pesan kepada orang-orang Iran dan pemimpin pada Kamis (19/3).  Obama mengatakan pembicaraan nuklir antara Iran dan negara-negara Barat telah membuat kemajuan tetapi juga kesenjangan.

"Saat seperti ini mungkin tidak datang lagi," kata Obama dalam pesannya merayakan Nowruz, Tahun Baru Iran. "Saya percaya bahwa bangsa kita memiliki kesempatan bersejarah untuk mengatasi masalah ini secara damai -. Kesempatan kita tidak boleh melewatkan"

Sayangnya pembicaraan nuklir Iran dan enam kekuatan dunia berakhir buntu, Jumat (21/3). Mereka tak mencapai kesepakatan komprehensif untuk mengekang kegiatan nuklir Iran yang paling sensitif untuk setidaknya 10 tahun dalam pertukaran untuk akhir bertahap sanksi terhadap Teheran. Kekuasaan bertujuan untuk menyelesaikan kerangka kesepakatan akhir pada akhir Maret dan mencapai kesepakatan penuh pada tanggal 30 Juni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement