Senin 23 Mar 2015 12:41 WIB

Setara: DPR Buang Waktu dengan Pertanyakan Pembatalan BG

Red: Bilal Ramadhan
 Massa dan organisasi pendukung Komjen Pol Budi Gunawan berunjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta, Senin (16/2), menuntut BG segera dilantik menjadi Kapolri.  (foto : MgROL_34)
Massa dan organisasi pendukung Komjen Pol Budi Gunawan berunjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta, Senin (16/2), menuntut BG segera dilantik menjadi Kapolri. (foto : MgROL_34)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Wakil Ketua Setara Institute Bonar Tigor Naipospos mengatakan DPR akan membuang-buang waktu bila mempertanyakan penarikan dan pembatalan pelantikan Komjen Polisi Budi Gunawan sebagai Kepala Polri kepada Presiden Joko Widodo.

"Memang DPR bisa saja meminta penjelasan kepada Presiden tentang penarikan dan pembatalan pencalonan tersebut. Namun, itu hanya akan buang-buang waktu saja," kata Bonar Tigor Naipospos dihubungi di Jakarta, Senin (23/3).

Bonar menduga kalaupun ada yang mempertanyakan penarikan dan pembatalan pencalonan Budi Gunawan di DPR, itu hanyalah ulah segelintir anggota DPR untuk melakukan manuver politik tertentu.

Menurut Bonar, pembatalan Budi Gunawan sebagai calon Kapolri sudah jelas alasannya dan Presiden pun sudah mengajukan Komjen Polisi Badrodin Haiti sebagai pengganti. Karena itu, tidak ada alasan bagi DPR menolak pencalonan Badrodin Haiti.