Sabtu 04 Apr 2015 22:20 WIB

Mohammed Masih Nama Terfavorit untuk Anak di Dubai

Rep: C26/ Red: Yudha Manggala P Putra
/home/ubuntu/republikacoid/frontend/code/views/default../include/desktop-image.php
Menara kembar di Dubai, Uni Emirat Arab
Foto: Arabian Bussines
Menara kembar di Dubai, Uni Emirat Arab

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Pusat Pengetahuan dan Pengembangan Manusia di Dubai, Uni Emirat Arab melakukan penelitian lebih dari 250 ribu nama pendaftar baru di sekolah-sekolah. Ditemukan bahwa nama Mohammed dan Maryam masih menjadi nama paling sering muncul.

Menariknya, ini pertama kalinya daftar nama terpopuler dinyatakan regulator pendidikan di Dubai.

"Ini umum melihat empat atau lima siswa bernama Mohammed sebagai nama pertama mereka dalam kelas yang berisi 25 sampai 30 siswa," kata siswa sekolah swasta di Dubai, Mohammed Rehan, seperti dilansir dari Khaleej Times, Sabtu (4/4).   

Rehan mengatakan biasanya siswa yang bernama Mohammed akan dipanggil dengan nama setelahnya.

Abu Safa, seorang peneliti yang telah bekerja di UAE selama lebih dari 20 tahun menjelaskan tren nama sangat terkait erat dengan budaya dan nilai-nilai keluarga.

Keluarga Arab biasanya memiliki hubungan dengan beberapa nama yang terkait. Mereka juga dinilai memiliki silsilah dan identitas dengan nama tersebut. Hal ini berakibat mereka cenderung untuk terus menggunakan nama-nama tersebut dan tidak mencari sesuatu yang berbeda.

Selain Mohammed dan Maryam, hasil penelitian juga menyebutkan nama Ali dan Sara berada di posisi kedua dalam daftar nama-nama anak laki-laki dan perempuan yang populer. Selain itu ada Omar dan Fatima/Fatma di posisi ketiga. Keempat ada Ahmed/Ahmad dan Ayesha.

Di posisi kelima tercatat nama Abdulla/Abdullah untuk laki laki sementara untuk perempuan adalah Noor.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement