Ahad 05 Apr 2015 13:42 WIB

Fidel Castro Kembali Tampil Setelah Lama Menghilang

Rep: Gita Amanda/ Red: Winda Destiana Putri
Fidel Castro
Foto: AP Photo/Cubadebate, Roberto Chile
Fidel Castro

REPUBLIKA.CO.ID, HAVANA -- Mantan Presiden Kuba Fidel Castro kembali tampil untuk pertama kalinya, setelah 14 bulan absen dari muka publik.

Ia dilaporkan bertemu dengan delegasi pejabat Venezuela, dalam sebuah misi solidaritas di sebuah sekolah lokal di Kuba.

Dilansir BBC News Ahad (5/4), ikon revolusioner Kuba itu digambarkan terlihat sangat sehat oleh media lokal. Ia terakhir terlihat di depan umum pada Januari saat menghadiri pembukaan pusat kebudayaan di Havana.

Kali ini media resmi menunjukkan gambar Castro sedang duduk Sambil menjabat tangan para delegasi Venezuela, melalui jendela mobilnya. Ia tampak mengenakan topi baseball dan jaket.

Sejak jatuhnya Uni Soviet, negara kaya minyak Venezuela telah menjadi sekutu terdekat Kuba. Castro merupakan teman dekat mantan presiden Venezuela Hugo Chavez.

Fidel Castro menungundurkan diri sementara karena sakit pada 2006 silam. Ia kemudian menyatakan pengunduran dirinya secara resmi pada 2008. Castro menyerahkan kekuasaanya pada adiknya Raul Castro.

Fidel Castro sangat jarang tampil di muka publik. Ia kadang kala menulis untuk kolom surat kabar dan melakukan pekerjaannya di rumah.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement