Selasa 07 Apr 2015 12:15 WIB

Kompetensi Manajemen Pariwisata Budaya Tingkatkan SDM

Red: Agus Yulianto

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON – Pengembangan manajemen pariwisata budaya menjadi faktor penting dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia (SDM). Pasalnya, dengan adanya kualitas SDM yang lebih baik, maka diyakini akan menentukan perkembangan pariwisata di suatu daerah.

 “Artinya, peningkatan kualitas SDM menjadi salah satu kunci dalam pengelolaan maupun dalam perencanaan kebijakan yang dilakukan pemerintah maupun swasta. Ini tentunya agar bisa memenangkan persaingan,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar Nunung Sobari pada  acara ‘Peningkatan Kompetensi Pengembangan Manajemen Pariwisata Budaya’, 7-10 April 2015, di Hotel Aston, Kabupaten Cirebon.

Dikatakan Nunung, bahwa pariwisata merupakan  kegiatan yang secara langsung menyentuh dan melibatkan masyarakat. Sehingga, hal itu akan membawa berbagai dampak terhadap masyarakat setempat.

Bahkan, pariwisata dikatakan mempunyai dampak luar biasa yang membuat masyarakat mengalami perubahan dalam berbagai aspeknya. Di samping berbagai dampak yang dinilai positif, maka hampir semua penelitian juga menunjukkan adanya berbagai dampak yang tidak diharapkan, seperti semakin buruknya kesenjangan pendapatan antara kelompok masyarakat, memburuknya ketimpangan ekonomi dan lainnya.