Rabu 08 Apr 2015 14:16 WIB

Ketua DPD: Presiden Harus Segera Lakukan Reshuffle

Rep: c82/ Red: Angga Indrawan
Irman Gusman
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Irman Gusman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPD Irman Gusman mendukung Presiden Jokowi untuk segera melakukan reposisi atau reshuffle menteri di Kabinet Kerja. Irman mengatakan, perombakan tersebut perlu dilakukan jika Jokowi tidak ingin kepercayaan masyarakat terus merosot.

"Presiden Jokowi harus segera lakukan reposisi, mana yang harus dipertahankan atau digilir. Kalau bisa segera dilakukan pembenahan akan bisa menyelamatkan pemerintahan Jokowi," kata Irman di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (8/4).

Hasil survei Indo Barometer terhadap tingkat kepuasan masyarakat atas kinerja pemerintahan Jokowi-JK sangat rendah, hanya sebesar 57,5 persen meskipun tingkat kepercayaan terhadap lembaga kepresidenan sangat tinggi, yaitu mencapai 88,3 persen.

Menurut Irman, jika dibandingkan dengan zaman pemerintahan SBY-JK, maka hasil survei enam bulan Jokowi-JK tersebut merupakan sebuah peringatan dini.

"Harusnya ini masih masa bulan madu, harusnya masih di atas 75-80 persen. Kalau 57 persen ini sudah lampu kuning," ujarnya.

Meski begitu, Irman menyerahkan keputusan reposisi tersebut sepenuhnya kepada Jokowi karena merupakan hak prerogatif presiden. Namun, senator asal Sumatera Barat itu mengingatkan Jokowi untuk segera menentukan sikap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement