Rabu 08 Apr 2015 17:44 WIB
Para Penyusup di Roda Pesawat (bagian 4)

Pria Angola yang Jatuh dari Langit London

Roda pesawat
Roda pesawat

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Aksi nekat Mario Steven Ambarita (21), yang terbang dengan bersembunyi di roda pesawat bukan satu-satunya kejadian yang pernah terjadi di Indonesia. Aksi nekat ini sudah terjadi tidak beberapakali di Indonesia bahkan di negara-negara lainnya.

Tercatat sebelum Mario melakukan tindak konyol tersebut, sudah ada nama-nama Tarsono, Manto Manurung dan Siswandi Nurdin Simatupang. Dan beruntungnya, meski mengalami luka-luka mereka masih bernyawa saat pesawat mendarat. Sementara sejumlah pelaku aksi tersebut di luar negeri, tewas dengan kondisi tercabik-cabik.

Berikut aksi nekat sejumlah pelaku penyusup ke pesawat terbang:

Pria Angola yang Jatuh dari Langit London

LONDON BARAT -- Sekitar September lalu, Warga pinggiran kota di wilayah Mortlake, London Barat menemukan tubuh pria berkulit hitam di trotoar jalan Portman. Tubuh pria itu seperti jatuh dari langit.

Kantor berita Huffington Post menyebutkan awalnya, detektif yang menyelidiki dari mana asalnya pria tidak dikenal ini, mengira dia adalah seorang korban pembunuhan yang dibuang di jalanan tersebut.

Akan tetapi, hari berikutnya, polisi menyimpulkan penyelidikan mereka dengan mengatakan bahwa mungkin saja pria ini sudah tewas sebelum jatuh dari pesawat yang terbang rendah mendekati landasan pacu milik Bandara Heathrow, bandara terdekat dari lokasi mayat ditemukan.

Kesimpulan tersebut diperkuat dengan bukti bahwa memang pada waktu sekitar mayat itu jatuh, ada pesawat dari Angola terjadwal mendarat di Bandara Heathrow tersebut.

Ditambah lagi, dalam pakaian laki-laki itu ditemukan beberapa koin dalam mata uang Angola.

Polisi pun menduga bahwa pria ini mungkin saja adalah penumpang gelap pada pesawat tersebut, karena tidak memiliki data diri ataupun surat keterangan lainnya. Hal tersebut semakin diperkuat saksi mata yang mengaku mendengar bunyi suara jet pesawat yang sangat dekat dan rendah, dan dia melihat tubuh yang terjatuh dari pesawat tersebut.

Jadi, pria tersebut diduga kuat adalah warga negara Angola, dan dia adalah penyusup pesawat yang terjatuh dan kemudian tewas seketika.

Seorang spesialis keselamatan penerbangan, Chris Yates mengatakan tidak jarang para penyusup itu tewas, karena ketika pesawat terbang melampaui ketinggian ribuan kaki di atas permukaan laut, oksigen berkurang sehingga membuat kesadaran dirinya pun berkurang.

Mungkin hal itulah yang dialami oleh pria malang tersebut. Dia tidak sadarkan diri selama jam penerbangan, dan akhirnya terjatuh di jalanan Mortlake.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement