Kamis 09 Apr 2015 05:36 WIB

Meriahnya Perkemahan Santri TPQ Se-Jabodetabek (2-habis)

ketua dewan direksi lpgdm riayatul ummah, hj sunarsih wijaya se tengah memotivasi peserta perkemahan santri
Foto: foto: damanhuri zuhri/republika
ketua dewan direksi lpgdm riayatul ummah, hj sunarsih wijaya se tengah memotivasi peserta perkemahan santri

REPUBLIKA.CO.ID,

Umi Nini berharap dengan mengikuti perkemahan yang berlansung selama dua hari, santri mampu menunjukkan rasa bangga pada Agama Islam yang dianutnya.

''Santri mampu memahami kewajiban orang yang beragama Islam, dapat melakukan aktifitas seorang muslim, terbiasa membaca Al-Qur’an, memahami sunnah dalam kesehariannya dan terbiasa bersaudara dengan sesama muslim di manapun mereka berada,''tandasnya.

Walaupun singkat, acara Perkemahan Santri TPQ binaan Riayatul Ummah ini sangat membekas dalam ingatan para peserta. Cindy Safiya Asyari (11) dan Firda Listiyani (10) sangat senang dengan kegiatan yang baru saja diikutinya.

Santriwati utusan TPQ As-Sumaniyah, Kembangan, Jakata Barat, bersama enam temannya dan dua guru pendamping sangat senang bisa mengikuti kegiatan perkemahan. ''Senang sekali saya dapat berkenalan dengan teman-teman dari sekolah lain,''ungkap Cindy yang tergabung dalam regu Khadijah.

Firda yang juga dari regu Khadijah mengungkapkan dari kegiatan ini dia ingin menjadi penghafal Al-Qur'an. Siswi kelas VI SDN Kembangan 02 Pagi mengaku sangat terharu saat acara muhasabah yang dipimpin ustazah Yuli dari ABCO Training.

Dalam tayangan tersebut Firda menyaksikan seorang anak tuna netra bisa menjadi penghafal Al-Qur'an. ''Saya ingin menjadi penghafal Al-Qur'an walapun susah,''ungkap Firda penuh semangat.

Pada hari pertama, acara dikemas mulai dari Ashar berjamaah, ta'aruf (perkenalan) dengan teman-teman di tenda masing-masing, menyuarakan yel-yel, berbagi bekal, Maghrib dan Isya berjamaah, tadarus Alqur'an, pendalaman materi ma'rifatullah dan ma'rifatur Rasul dan makan malam bersama.

Memasuki hari kedua, seluruh peserta melaksakanan Qiyamul Lail, Zikir dan muhasabah yang dipimpin Ustazah Yuli dari ABCO Training Bogor.

Para peserta juga mengikuti Subuh berjamaah, Dhuha, sarapan pagi, lomba kebersihan dan kerapihan tenda, lomba sepakbola mengenakan kain sarung untuk putra dan lempar bola keranjang untuk putri mengenakan kain sarung. Kegiatan ditutup dengan pengumuman pemenang lomba dan regu terbaik serta pembagian hadiah.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement