Kamis 09 Apr 2015 18:48 WIB

Tambah TKDN, PT. Bakrie Pipe Industries Bangun Pabrik Coating

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Industri pipa baja
Foto: Antara
Industri pipa baja

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT. Bakrie Pipe Industries akan meresmikan pabrik coating pada 12 Mei 2015, yang berlokasi di Bekasi. Pabrik ini memiliki nilai investasi sebesar 10 juta dolar AS dengan kapasitas produksi 800 ribu meter persegi per tahun.

Presiden Direktur PT. Bakrie Pipe Industries Mas Wigrantoro Roes Setiyadi mengatakan, pabrik coating ini didirikan untuk meningkatkan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN). Pasalnya, selama ini  PT. Bakrie Pipe Industries selalu mengirim pipa ke pabrik lain untuk dilakukan proses coating.  

"Kita memang belum punya pabrik coating sendiri, jadi ini merupakan bisnis tambahan untuk meningkatkan TKDN sehingga produk kita bisa lebih kompetitif dan ada efisiensi," kata Wigrantoro di Jakarta, Kamis (9/4).

Wigrantoro menambahkan, pabrik tersebut nantinya tidak hanya mengerjakan proses coating milik PT. Bakrie Pipe Industries saja. Namun juga menerima pesanan dari pabrik pipa lainnya termasuk apabila ada permintaan dari negara lain. Rata-rata pabrik tersebut akan menggunakan bahan baku dalam negeri sebesar 40 persen dan bahan baku impor sebanyak 60 persen.