Sabtu 18 Apr 2015 14:31 WIB

Masalah TKI Terulang, BNP2TKI: Akibat Tumpang Tindih Kebijakan

Rep: Hilyatun Nishlah/ Red: Ani Nursalikah
TKW Arab Saudi yang dieksekusi, Rabu (14/4), Siti Zaenab
Foto: antara
TKW Arab Saudi yang dieksekusi, Rabu (14/4), Siti Zaenab

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Berkali-kali masalah perlindungan tenaga kerja Indonesia (TKI)  menjadi peristiwa yang memilukan bagi Indonesia. Menurut Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid hal itu dikarenkan adanya tumpang tindih kebijakan antara dua instansi pemerintahan.

"Tidak usainya masalah TKI ini dan terus berulangnya maslaah ini karena ada dua kebijakan yang saling tumpang tindih, yaitu antara Kementerian Tenaga Kerja dan BNP2TKI," ujarnya dalam seminar "Elig Untuk TKI" di Jakarta, Sabtu (18/4).

Poin utama lainnya pada permasalahan TKI ini, karena semua polemik dan masalah yang ada bermuara di hulu. Bermula pada saling tumpang tindihnya dua kebijakan dua instansi itu.

Ditambah dengan banyaknya TKI yang tidak berkompeten tetapi, terpaksa dan dipaksa dikirim bekerja ke luar negeri.

Hal ini diungkapkannya, mengingat dua tenaga kerja wanita (TKW) Indonesia yang dieksekusi mati oleh otoritas Arab Saudi, beberapa hari yang lalu. "Banyak dari mereka yang belum siap diberangkatkan ke luar negeri, terpaksa harus dikirimkan karena agensi di Indonesia sudah menerima bayaran sebelum pelatihan para pekerja ini usai."

Nusron mengatakan seharusnya, sebelum mengutamakan kontrak, para pekerja berhak mendapatkan pendidikan dan pelatihan terlebih dahulu. Kemudian, ketika siap baru dikirim bekerja.

Ia menyebutkan, terdapat dua 'S' yang perlu diperhatikan dan dilakukan. Pertama, menata ulang sistem  //service agreement and governance//.

Menurut dia, hal itu sudah seperti permasalahan klasik di setiap pemerintahan mana pun, termasuk di Indonesia. Pasalnya, hingga saat ini masih belum adanya pengawasan terpadu sehingga tidak ada kejelasan siapa yang bertugas mengawasi agensi-agensi itu.

Nusron menegaskan, ke depannya BNP2TKI akan membentuk sistem //employment services officer// (ESO) yang akan diberlakukan pada 1 Juni tahun ini.

Kedua adalah sinten, yang berkaitan tentang uji psikologi karena selama ini belum pernah ada regulasi yang sah. Oleh karenanya, BNP2TKI mendesak Menaker segera memproses dan mensahkannya.

Menurut dia, hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mengubah jenis kontrak yang selama ini ada. "Sudah saatnya, kontrak tidak lagi atas nama individu melainkan, perusahaan atau serikat agar ada kejelasan penempatan, keberadaan dan kondisi pekerja kita di sana," ujar Nusron

Selama ini, kontrak yang digunakan oleh TKI adalah kontrak individu, sehingga Indonesia tidak memiliki posisi //bairgaining// yang kuat. Tentunya, hal itu membuat Indonesia sulit memprosesnya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالدَّمُ وَلَحْمُ الْخِنْزِيْرِ وَمَآ اُهِلَّ لِغَيْرِ اللّٰهِ بِهٖ وَالْمُنْخَنِقَةُ وَالْمَوْقُوْذَةُ وَالْمُتَرَدِّيَةُ وَالنَّطِيْحَةُ وَمَآ اَكَلَ السَّبُعُ اِلَّا مَا ذَكَّيْتُمْۗ وَمَا ذُبِحَ عَلَى النُّصُبِ وَاَنْ تَسْتَقْسِمُوْا بِالْاَزْلَامِۗ ذٰلِكُمْ فِسْقٌۗ اَلْيَوْمَ يَىِٕسَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْ دِيْنِكُمْ فَلَا تَخْشَوْهُمْ وَاخْشَوْنِۗ اَلْيَوْمَ اَكْمَلْتُ لَكُمْ دِيْنَكُمْ وَاَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِيْ وَرَضِيْتُ لَكُمُ الْاِسْلَامَ دِيْنًاۗ فَمَنِ اضْطُرَّ فِيْ مَخْمَصَةٍ غَيْرَ مُتَجَانِفٍ لِّاِثْمٍۙ فَاِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ
Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, dan (daging) hewan yang disembelih bukan atas (nama) Allah, yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu sembelih. Dan (diharamkan pula) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan pula) mengundi nasib dengan azlam (anak panah), (karena) itu suatu perbuatan fasik. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah Aku ridai Islam sebagai agamamu. Tetapi barangsiapa terpaksa karena lapar, bukan karena ingin berbuat dosa, maka sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

(QS. Al-Ma'idah ayat 3)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement