Rabu 13 May 2015 10:28 WIB

2015, DKI akan Bangun 50 Taman

Rep: C11/ Red: Ilham
Penambahan Taman Kota. Beberapa anak bermain di Taman Honda, Tebet, Jakarta, Senin (5/5).
Foto: Republika/ Wihdan
Penambahan Taman Kota. Beberapa anak bermain di Taman Honda, Tebet, Jakarta, Senin (5/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membangun 50 taman pada 2015. Hal tersebut disampaikan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama saat peresmian Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di Sungai Bambu, Jakarta Utara, yang baru diresmikan pada Rabu (13/5).

"Tahun ini kami akan bangun 50 taman lagi, nanti juga akan ditambahkan lagi di tahun berikutnya," ujar Ahok sapaan akrab Basuki di Jakarta, Rabu (13/5).

Pada 2016 mendatang, Basuki berencana membangun 206 taman. Kemudian 106 taman pada tahun berikutnya. Ia mengatakan, pembangun taman ini akan melibatkan perusahaan swasta dalam bentuk kerjasama.

"Kalau andalkan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) enggak akan selesai. Mending kerjasama dengan swasta, dalam empat bulan langsung jadi," kata Basuki.

Basuki juga ingin memindahkan seluruh kegiatan masyarakat ke dalam komunitas, yakni dengan memanfaatkan taman yang telah disediakan. Komunitas tersebut memiliki penanggung jawab dari Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) setempat.

Dalam waktu dekat, Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) akan dibangun di lima wilayah Kota dan satu di Kabupaten. Diantaranya, Jakarta Utara di Kelurahan Sungai Bambu yang sudah diresmikan. Selanjutnya, di Jakarta Timur di Kelurahan Cililitan, Jakarta Barat di Kecamatan Kembangan, Jakarta Pusat di Kelurahan Cideng yang akan diberi nama Taman Tidore, Jakarta Selatan di Kecamatan Cilandak dan di Kabupaten Kepulauan Seribu di Pulau Untung Jawa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement