Rabu 13 May 2015 13:18 WIB

Lansia Bekasi Diharap Tetap Produktif

Rep: C39/ Red: Yudha Manggala P Putra
Wanita lansia.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Wanita lansia.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Selama ini masa tua selalu dipandang sebagai usia yang tidak produktif bagi khalayak umum. Pandangan seperti itulah yang  ingin dihilangkan oleh Dinas Sosial Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Bekasi melalui seminar yang diikuti para lansia (lanjut usia) di Rumah Makan Margamulya, Bekasi, Selasa (12 /5).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mendorong para lansia tetap mandiri, produktif dan sehat. Selain mengadakan seminar untuk para Lansia agar tetap produktif, Dinas Sosial Kota Bekasi juga mengadakan kegiatan olah raga rutin seperti senam lansia dan pemeriksaan kesehatan yang bertujuan untuk menjadikan lansia tetap produktif dan sehat.

Para lansia ini tergabung dalam Lembaga Lansia Indonesia (LLI) yang ada di 12 kecamatan di Kota Bekasi. “Kita ada banyak pelatihan seperti membuat kue dan ini sudah berlangsung di beberapa tempat,” kata kepala bidang Pembinaan Sosial Dinas Sosial Kota Bekasi, Armita.

Armita mengatakan dalam membina Lansia, Pemerintah Kota Bekasi sudah menyediakan usaha pembuatan kue untuk para lansia.

Armita berharap usaha yang sudah berlangsung sejak tahun lalu ini diharapkan bisa dikembangkan di tempat-tempat lain.

Sementara itu Wakil Walikota Bekasi, Ahmad Syaikhu menjelaskan bahwa masa tua masih bisa digunakan untuk hal-hal positif. “Ada banyak kegiatan yang bisa menjadikan bapak atau ibu tetap sehat dan produktif yaitu dengan aktif di kegiatan peduli lingkungan,” kata Ahmad Syaikhu.

Syaikhu mengatakan bahwa kegiatan sosial seperti peduli lingkungan akan membuat para lansia tetap aktif sehingga fisik tubuh para lansia tetap bisa aktif bergerak.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement