Senin 18 May 2015 07:45 WIB

Pemkab Lampung Utara Relokasi PKL Pasar Pagi

Red: Hazliansyah
  Seorang pedagang berusaha untuk melindungi gerobak dagangannya saat Petugas Satpol PP mengangkut gerobaknya pada penertiban pedagang kaki lima di kawasan Ciracas, Jakarta Timur, Rabu (17/9). (Republika/Rakhmawaty La'lang)
Seorang pedagang berusaha untuk melindungi gerobak dagangannya saat Petugas Satpol PP mengangkut gerobaknya pada penertiban pedagang kaki lima di kawasan Ciracas, Jakarta Timur, Rabu (17/9). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, KOTABUMI, LAMPUNG -- Pemerintah Kabupaten Lampung Utara melalui Dinas Pengelolaan Pasar akan merelokasi pedagang kaki lima di sepanjang bahu Jalan Trideso Pasar Pagi Kotabumi pada 2015 ini.

Sebelum memindahkan para PKL di Pasar Pagi itu, pemkab setempat juga akan merehabilitasi puluhan los Pasar Pagi Baru yang selama ini tidak berpenghuni.

Selain itu, untuk menciptakan keindahan di Kota Kotabumi itu, pasar bertingkat yang berada di Pasar Pagi itu pun akan difungsikan kembali.

"Pasar Pagi dan Pasar Dekon Kotabumi merupakan salah satu bagian kota yang harus diperhatikan, sehingga penataannya harus dilakukan dengan bersungguh-sungguh," ujar Kepala Dinas Pengelolaan Pasar Kabupaten Lampung Utara, Syahrudin Putra, Senin. 

Menurutnya pula, masih banyak fasilitas yang harus dibenahi di Pasar Dekon Kotabumi, mulai dari penataan para PKL, pembuatan drainase, penataan kawasan perparkiran, dan sejumlah fasilitas lainnya.

"Berdasarkan pantauan yang kami lakukan, masih terdapat beberapa kekurangan yang harus dibenahi, dan tahun ini akan segera dilakukan upaya pembenahannya," kata Syahrudin lagi.

Dia menyatakan, untuk menindaklanjuti kelengkapan berbagai fasilitas di pasar itu, perlu kerja sama antara satuan kerja terkait, mulai dari Dinas Perhubungan, Dinas Tata Kota, Polisi Pamong Praja, Dinas Pekerjaan Umum, dan instansi lainnya.

"Dalam waktu dekat ini, kami akan menggelar rapat koordinasi dengan semua pihak terkait untuk pembahasan program keindahan Kota Kotabumi," ujarnya lagi.

Pihaknya dalam waktu dekat akan mengundang beberapa orang perwakilan pedagang untuk mendengarkan apa saja yang menjadi keluh kesah yang selama ini dirasakan mereka.

"Kami akan mendengarkan keinginan mereka, dan kami meyakini para pedagang akan bersedia untuk diatur menjadi lebih baik," lanjutnya pula.

Menurut dia, para pedagang itu diharapkan dapat menyadari bahwa untuk menciptakan keindahan wajah Kota Kotabumi perlu dukungan semua pihak termasuk para pedagang setempat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement