Senin 25 May 2015 02:03 WIB

Warga Gunung Halu Keluhkan Biaya Sekolah

Rep: C12/ Red: Yudha Manggala P Putra
Gedung Sekolah
Gedung Sekolah

REPUBLIKA.CO.ID, GUNUNGHALU -- Sejumlah warga di Desa Celak, Kecamatan Gunung Halu, mengeluhkan pembiayaan yang harus dikeluarkan saat ingin melanjutkan sekolah ke jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat. Akibatnya, banyak dari mereka yang putus sekolah hanya sampai di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Salah seorang pemuda di desa tersebut, Jupi, mengaku hanya selesai di bangku sekolah SMP. Ia tidak melanjutkan ke jenjang berikutnya karena tidak ada modal untuk meneruskannya.

Saat ini, Jupi bekerja mengatur kendaraan yang melewati Jalan Raya Gunung Halu. Jalan raya ini memang tengah dilakukan perbaikan. Sehingga, ruas setengah jalan ditutup sementara karena sedang ada pengecoran.

Ia memanfaatkan momen perbaikan jalan untuk memperoleh rezeki dari para pengendara. Meski hanya recehan, ia mengaku itu bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. "Ya buat makan saja," tutur dia saat dihampiri Republika, akhir pekan lalu, di Desa Celak Kecamatan Gunung Halu, yang berada di di selatan Kabupaten Bandung Barat.