Senin 01 Jun 2015 10:40 WIB

Menteri Marwan Janji Penyaluran Dana Desa Akan Lancar

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Ilham
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar.
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Marwan Jafar mengatakan, penyaluran dana desa tahun 2015 akan berjalan lancar. Sebab, ia akan proaktif memantau dan mengintruksikan kepada jajaran kementeriannya agar terus berkoordinasi lintas kementerian serta membantu daerah yang belum menerima dana desa tersebut.

“Saya instruksikan untuk bergerak cepat. Terus berkomunikasi dengan Kementerian Keuangan sebagai pihak yang mentransfer dana ke daerah secara langsung dan terus memberikan arahan bagi daerah yang belum menerimanya, sebab ini menyangkut kesejahteraan pembangunan desa,” ujar Marwan, Ahad, (31/5).

Tahun 2015 merupakan tahun pertama penyaluran dana desa di Indonesia. Karena itu, sangat diperlukan koordinasi pengalokasian dan evaluasi dalam pengelolaan dana desa yang bersumber dari APBN.

Total dana desa pada APBNP 2015 sebesar Rp 20,766 triliun yang akan disalurkan kepada 434 kabupaten/kota seluruh Indonesia. Dalam penyaluran tahap pertama ini,  dihadapkan pada permasalahan keterlambatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement