Selasa 02 Jun 2015 19:00 WIB

Pemukim Dekat Sawah Rawan Terserang Tomcat

Rep: C32/ Red: Ilham
Serangga 'Tomcat'
Foto: kaskus
Serangga 'Tomcat'

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB), Fakultas Pertanian, Departemen Proteksi Tanaman, Dadang menyatakan tomcat biasa tinggal di daerah pertanian. Karena itu, warga yang bermukim di sekitar lokasi pertanian rawan terserang serangga beracun itu.

 

“Yang namanya tomcat itu kan sebetulnya serangga yang mempunyai musuh alami dengan serangga lain,” kata Dadang kepada ROL, Selasa (2/6). Ia menambahkan, biasanya tomcat menjadi musuh alami wereng coklat atau hama padi.

 

Tomcat merupakan serangga pemakan wereng coklat yang biasanya ada di tanaman padi. Tomcat bisa pindah ke pemukiman warga dengan alasan bertahan hidup. “Mungkin saja sudah habis panen, jadi wereng coklatnya sudah tidak ada. Sehingga tomcat mencari mangsa ditempat lain,” jelas Dadang.

 

Diketahui sebelumnya, telah terjadi serangan tomcat di delapan tower rusun Daan Mogot, Pesakih, Kelurahan Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat. Sejumlah warga yang menjadi korban mengalami gatal-gatal hingga kulitnya melupuh.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
مَا كَانَ لِاَهْلِ الْمَدِيْنَةِ وَمَنْ حَوْلَهُمْ مِّنَ الْاَعْرَابِ اَنْ يَّتَخَلَّفُوْا عَنْ رَّسُوْلِ اللّٰهِ وَلَا يَرْغَبُوْا بِاَنْفُسِهِمْ عَنْ نَّفْسِهٖۗ ذٰلِكَ بِاَنَّهُمْ لَا يُصِيْبُهُمْ ظَمَاٌ وَّلَا نَصَبٌ وَّلَا مَخْمَصَةٌ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَلَا يَطَـُٔوْنَ مَوْطِئًا يَّغِيْظُ الْكُفَّارَ وَلَا يَنَالُوْنَ مِنْ عَدُوٍّ نَّيْلًا اِلَّا كُتِبَ لَهُمْ بِهٖ عَمَلٌ صَالِحٌۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُضِيْعُ اَجْرَ الْمُحْسِنِيْنَ
Tidak pantas bagi penduduk Madinah dan orang-orang Arab Badui yang berdiam di sekitar mereka, tidak turut menyertai Rasulullah (pergi berperang) dan tidak pantas (pula) bagi mereka lebih mencintai diri mereka daripada (mencintai) diri Rasul. Yang demikian itu karena mereka tidak ditimpa kehausan, kepayahan dan kelaparan di jalan Allah, dan tidak (pula) menginjak suatu tempat yang membangkitkan amarah orang-orang kafir, dan tidak menimpakan suatu bencana kepada musuh, kecuali (semua) itu akan dituliskan bagi mereka sebagai suatu amal kebajikan. Sungguh, Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbuat baik,

(QS. At-Taubah ayat 120)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement