Kamis 04 Jun 2015 00:09 WIB

Ini Alasan Menhan Ryamizard Ingin Beli Helikopter Chinook

Helikopter Chinook.
Foto: Reuters
Helikopter Chinook.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu bertemu Menhan Amerika Serikat (AS) Ashton Carter di Pentagon, Washington DC, belum lama ini. Selain pertemuan itu, Ryamizard juga berkesempatan meninjau pabrik Boeing di Philadelphi. Di sana, Ryamizard tertarik untuk membeli empat unit helikopter CH-47 Chinook.

Mantan kepala staf Angkatan Darat (KSAD) tersebut mengakui, pihaknya memiliki rencana untuk mendatangkan helikopter angkut serba guna tersebut. Tujuannya bukan semata untuk gagah-gagahan, melainkan demi keperluan operasi militer nonperang (military operations other than war).

"Beli alutsista, melihat ancaman kita. Kita bisa bawa pakai Chinook bisa angkat tuh berat," katanya kepada wartawan di Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Rabu (3/6).

Dia merasa miris, melihat proses penanganan bencana alam di Indonesia yang masih manual. Dia mencontohkan, saat meninjau longsor di Banjarnegara, para petugas di lapangan hanya menggunakan cangkul dan sekop untuk membersihkan lumpur.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement