Kamis 04 Jun 2015 15:44 WIB

Interpol Umumkan DPO Pejabat FIFA

Rep: C33/ Red: Israr Itah
Logo FIFA
Foto: AP
Logo FIFA

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Lembaga kepolisian internasional (iInterpol) mengumumkan daftar pencarian orang (DPO) pada Rabu (3/6) lalu setelah Presiden FIFA Sepp Blater menyatakan mundur.

DPO atas enam orang itu terdiri dari dua penjabat senior FIFA yakni Jack Warner dan Nicolás Leoz serta empat pengusaha yaitu Alejandro Burzaco, Hugo, Mariano Jinkis, dan José Margulies. Amerika Serikat (AS) meminta mereka untuk segera ditangkap.

Warner merupakan mantan wakil presiden FIFA sekaligus diduga terlibat penyuapan terkait pemilihan tuan rumah Piala Dunia 2010. Selain itu, Leoz yang juga mantan komite eksekutif FIFA turut diduga dengan kasus serupa.  Sedangkan, keempat pengusaha merupakan petinggi di bidang bisnis olahraga asal Argentina dan Brail.

"(Enam Orang) didakwa atas pemerasan, konspirasi dan korupsi," ujar interpol dalam rilisnya seperti dikutip dari New York Times.

Daftar interpol itu berguna bagi negara-negara anggota interpol untuk mengetahui sudah ada perintah penahanan bagi enam orang tersebut.

Namun sayangnya, daftar itu tidak berlaku sebagai dokumen penahanan internasional. Sehingga interpol tidak punya kewenangan untuk memaksa negara lain menangkap DPO itu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement