Jumat 12 Jun 2015 14:27 WIB

Menhub Berharap Kecelakaan Transportasi Laut Berkurang

Pemudik yang memanfaatkan jasa moda transportasi laut.
Foto: Antara
Pemudik yang memanfaatkan jasa moda transportasi laut.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Menteri Perhubungan Ignasius Jonan berharap angka kecelakaan transportasi laut dapat berkurang bahkan bisa mencapai nol kecelakaan.

"Tahun lalu angka kecelakaan transportasi laut mencapai 450 kejadian. Kalau dirata-rata ada 1,5 kali kejadian/hari, ini harus dikurangi," katanya usai menghadiri peringatan keselamatan pelayaran dan hari laut sedunia di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jumat (12/6).

Menurutnya, jumlah tersebut pada tahun ini berkurang cukup signifikan. Dari awal tahun hingga bulan Mei lalu hanya terjadi 50 kali kejadian yang bersifat insidental maupun kecelakaan berat dengan korban jiwa. Jika dirata-rata, dalam setiap pekan ada dua kali kejadian kecelakaan baik ringan maupun berat.

"Meski demikian, kami inginnya menuju zero accident. Untuk mewujudkan harapan tersebut, dalam enam bulan ini banyak peraturan yang dikeluarkan tentang pencegahan kecelakaan dan peraturan tentang izin berlayar," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap kedisiplinan dari pihak syahbandar pelabuhan harus ditingkatkan. Salah satunya memastikan keperluan "docking" setiap kapal yang beroperasi melalui Pelabuhan Tanjung Emas.

"Jangan jadikan faktor cuaca sebagai alasan kecelakaan karena itu sama saja menyalahkan Tuhan. Alasan kecelakaan hanya ada dua, yaitu teknis dan human error," ini yang harus diperhatikan," katanya.

sumber : antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement