Ahad 14 Jun 2015 11:51 WIB

Jokowi Yakin Tol Cikapali Kurangi Kemacetan Pantura

Rep: satria kartika yudha/ Red: Esthi Maharani
Presiden Jokowi.
Foto: Antara
Presiden Jokowi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Jalan tol Cikampek-Palimanan (Cikapali) telah diresmikan. Peresmian dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di pintu tol Cikopo, Jawa Barat, Sabtu (13/6) pagi.

Jokowi meyakini tol Cikapali yang melintasi Kabupaten Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka, dan Cirebon itu akan ampuh mengurangi tingkat kemacetan di jalur pantura.

“Saya memberikan apresiasi yang besar. Waktu Desember kemarin saya datang, saya minta sebelum Lebaran sudah selesai. Tapi ini malah lebih cepat,” tutur Jokowi seperti dilansir laman Setkab, Ahad (14/6).

Jokowi menyebut dengan beroperasinya jalan tol Cikapali  diyakini akan meningkatkan perekonomian masyarakat. Pasalnya, konektivitas menjadi peran penting percepatan arus barang dan jasa serta pemerataan ekonomi.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengutarakan, tarif normal tol Cikapali ini untuk kendaraan golongan I dengan jarak terjauh adalah Rp 96 ribu. Namun, pemerintah akan memberikan diskon 25-35 persen pada masa mudik yakni pada H-10 hingga H+5 lebaran.

"Jalan Tol Cikopo- Palimanan akan mengurangi jarak tempuh jalur Pantura sepanjang sekitar 40 km dan mengurangi waktu tempuh selama sekitar dua jam,” ungkap Basuki.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement