Kamis 25 Jun 2015 19:43 WIB

Terminal Kedatangan Bandara Abdulrachman Saleh Segera Dibangun

Red: Erik Purnama Putra
Pesawat komersil bersiap untuk mendarat di Bandara Abdulrachman Saleh, Malang, Senin (19/3).
Foto: republika/prayogi
Pesawat komersil bersiap untuk mendarat di Bandara Abdulrachman Saleh, Malang, Senin (19/3).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengemukakan dalam waktu dekat ini terminal kedatangan di Bandara Abd Saleh segera dibangun, bahkan dananya sudah disiapkan.

"Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memang sangat serius untuk memperbaiki sarana transportasi, termasuk transportasi udara. Salah satu upaya untuk meningkatkan sarana itu adalah pembangunan terminal kedatangan di Bandara Abd Saleh ini," kata Ignasius Jonan ketika meresmikan terminal keberangkatan Bandara Abd Saleh Malang, Jawa Timur, Kamis (25/6) sore.

Selain terminal kedatangan, lanjutnya, yang menjadi perhatian serius lainnya adalah menambah panjang runway di sejumlah kota besar serta pembangunan apron. Khusus untuk pembangunan apron di Bandara Abd Saleh ini disiapkan dana sekitar Rp 70 miliar.

Dengan menambah fasilitas bandara dan peningkatan layanan tersebut, diharapkan mampu meningkatkan rating penerbangan di Indonesia dalam lima tahun ke depan. "Saat ini rating penerbangan Indonesia sekitar 60 dan harusnya lebih, jangan sampai kita dilarang terbang ke luar negeri, seperti Thailand," ujarnya.