Jumat 26 Jun 2015 22:13 WIB

Serangan Hotel Tunisia, 27 Turis Tewas Ditembak

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ilham
Aparat berjaga-jaga di semua titik rawan teror, Tunisia
Foto: Dailymail
Aparat berjaga-jaga di semua titik rawan teror, Tunisia

REPUBLIKA.CO.ID, SOUSSE -- Kementerian Dalam Negeri Tunisia mengonfirmasi 27 korban tewas dalam serangan di Hotel Sousse, Tunisia, Jumat (26/6). Jumlah tersebut bertambah dari yang sebelumnya diberitakan, yaitu 7 orang.

Radio lokal melaporkan bahwa sebagian besar korban tewas adalah warga Jerman dan Inggris. Juru bicara Kementerian Dalam Negeri, Mohammed Ali Aroui menggambarkan semua korban adalah warga asing tanpa menyebut kewarganegaraan mereka.

Menurutnya, penyerang ada dua orang. Mereka menembaki turis di pantai penginapan bintang lima Sousse. "Salah satu penyerang telah tewas ditembak polisi," kata Aroui, seperti dilansir Mirror, Jumat (26/6).

Namun, seorang penjaga hotel mengatakan hanya ada satu penyerang. Menurutnya, ia adalah pria muda dan mengenakan pakaian pendek sama seperti kebanyakan turis lainnya.

Foto-foto yang menujukan korban dan situasi insiden menyebar di media sosial. Termasuk foto yang menunjukan terduga penyerang. Namun, foto-foto tersebut belum dikonfirmasi kebenarannya.

Salah satu pengunjung, Moya McCullagh mengatakan, ia melihat mayat dimana-mana. Menurutnya, tembakan terdengar tidak berhenti dan seperti senapan mesin. "Suaranya seperti kembang api," kata dia.

Serangan ini merupakan salah satu dari tiga serangan berdarah pada Jumat (26/6). Serangan teror juga terjadi di Prancis dan Kuwait. Pertemuan darurat akan dilakukan untuk mendiskusikan respon terhadap tiga serangan dalam satu hari ini.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْ نَزَّلَ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا ۢ بَعِيْدًا
Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al-Qur'an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh.

(QS. An-Nisa' ayat 136)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement