Wednesday, 12 Muharram 1444 / 10 August 2022

Wednesday, 12 Muharram 1444 / 10 August 2022

12 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Mau Cerdas, Ini Makanan Penguat Otak Alami

Selasa 30 Jun 2015 03:03 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Ikan Salmon kaya dengan asal lemak omega 3.

Ikan Salmon kaya dengan asal lemak omega 3.

Foto: MYKITCHENTHEROCKIES.COM

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Murid-murid yang akan menghadapi ujian biasanya berada dalam tekanan tinggi, sehingga sering mengonsumsi 'obat-obat pintar' supaya memberi mereka kecerdasan lebih. Pada dasarnya, pil pintar ini adalah senyawa kimia konon katanya untuk meningkatkan memori otak, kewaspadaan, dan konsentrasi. Tapi, apakah obat ini benar-benar tanpa risiko?

Pil pintar ini biasanya meningkatkan dopamin kimia otak yang mengatur perasaan senang, waspada, dan konsentrasi. Dilansir dari Body and Soul, Selasa (30/6), Profesor Con Stough dari Swinburne University of Technology’s Centre for Human Psychopharmacology di Melbourne mengatakan otak menggunakan sekitar 25 persen oksigen tubuh.

Namun ternyata obat atau pil pintar ini kebanyakan membuat seseorang tetap terjaga dan waspada, namun tak ada bukti bahwa bisa meningkatkan kecerdasan. Para ahli kesehatan justru khawatir dengan efek samping penggunaan rutin obat-obat ini, seperti cemas, sakit kepala, mual, dan tekanan darah meningkat.

Stough merekomendasikan Anda mengonsumsi penguat otak alami. Apa saja itu?

Pertama, vitamin B yang membantu menghasilkan zat kimia otak. Sumbernya adalah biji-bijian, sayuran hijau, ayam, kacang-kacangan, dan buah.

Kedua, minyak ikan. Asam lemak omega-3 dalam ikan memperlambat kerusakan sel-sel otak. Heart Foundation merekomendasikan dua porsi ikan salmon per pekan. Ketiga, gingko biloba yang biasa digunakan dalam pengobatan Cina untuk meningkatkan aliran darah ke otak.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile