Kamis 02 Jul 2015 14:08 WIB

BIN Bakal Rekrut Seribu Agen Intel

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Esthi Maharani
Calon Kepala Badan Intelejen Nasional, Letjen TNI Purnawirawan Sutiyoso (kiri) bersama Ketua Komisi I Mahfud Sidik di Ruang Rapat Komisi I DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (30/6).  (Republika/ Raisan Al Farisi)
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Calon Kepala Badan Intelejen Nasional, Letjen TNI Purnawirawan Sutiyoso (kiri) bersama Ketua Komisi I Mahfud Sidik di Ruang Rapat Komisi I DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (30/6). (Republika/ Raisan Al Farisi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Letjen (Purn) Sutiyoso mengatakan akan segera merekrut seribu agen intel baru dalam waktu satu tahun. Sutiyoso menyebut, jumlah personel yang dimiliki BIN saat ini masih sangat minim mengingat tugas intelijen yang mencakup dalam dan luar negeri.

"Kita akan rekrut seribu orang dengan kualifikasi dari berbagai disiplin ilmu," katanya usai menemui Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Kamis (2/7).

Sutiyoso menjelaskan, BIN sebenarnya membutuhkan 5 ribu personel. Namun, saat ini jumlah personel intelijen baru 1.975 orang. Oleh karenanya, di tahun pertama menjabat sebagai kepala BIN, Sutiyoso menargetkan penambahan seribu personel intelijen baru.  

Tak hanya menambah jumlah personel, mantan gubernur DKI Jakarta tersebut juga sudah merancang sejumlah program untuk meningkatkan kualitas para agen intelijen.