Sahur Kesiangan? Makan Saja Buah Ini

Rep: C93/ Red: Winda Destiana Putri

Ahad 05 Jul 2015 06:55 WIB

Pisang. Ilustrasi Foto: courtesy of viable-herbal.com Pisang. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Praktisi Natural Health, Dr. Phaidon Lumban Toruan mengatakan, kesiangan bangun waktu makan sahur hampir pasti pernah dialami setiap Muslim yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Menurutnya, orang sering bingung harus makan apa mengingat waktu yang tersedia tidak cukup lama. "Pasti pernah kan kesiangan saat Sahur? Sebenarnya enggak usah bingung sekali pun belum masak apa-apa. Makan saja buah pisang karena selain membuat cepat kenyang, pisang juga cukup memenuhi kebutuhan tubuh kita," kata dia di Jakarta belum lama ini.

Dokter sekaligus penulis buku tersebut memaparkan, kandungan yang terdapat dalam pisang cukup lengkap. Selain tinggi serat, pisang juga mengandung vitamin, air, zat gula dan lemak. Selain itu, pisang juga mudah di dapat dan harganya pun terbilang murah.

"Tapi harus pisang yang hidup, maksudnya, pisang yang jika disimpan di atas meja selama tiga hari sudah membusuk," tambah pria yang juga seorang motivator kesehatan tersebut.

Selain pisang, makanan alternatif lainnya adalah bubur kacang hijau atau jus buah. Sementara bagi penderita sakit maag, mengonsumsi buah melon adalah cara terbaik agar lebih kuat saat menjalani puasa.

"Makan melon dan pisang sangat dianjurkan agar lebih bertenaga saat puasanya," ujar Phaidon.

Terpopuler