Kamis 09 Jul 2015 20:36 WIB

Kereta Mewah Jurusan Semarang-Tegal Kembali Beroperasi

Rep: Bowo Priadi/ Red: Dwi Murdaningsih
Stasiun Poncol Semarang
Foto: www.skyscrapercity.com
Stasiun Poncol Semarang

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Para pemudik dengan moda transportasi kereta api (KA) dapat menikmati layanan kelas utama pada KA Kaligung rute Semarang Poncol- Tegal (pergi- pulang). PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 4 Semarang meluncurkan kembali KA Kaligung yang baru saja direvitalisasi untuk memperkuat layanan bagi para penumpang di rute ini.

Tarif KA Kelas utama pada KA Kaligung kelas ekonomi ini dibanderol Rp 50.000 per penumpang. Yang unik kelas utama ini memiliki interior gerbong yang bernuansa Jawa. Masing- masing berupa interior kereta makan yang  bermotifkan –antara lain-- budaya Pantura. Mulai dari lapisan kayu dengan ukiran khas Jepara, lukisan kaca khas Tegal hingga tirai jendela dari batik khas Pekalongan.

Pernik interior gerbong kereta ini didominasi oleh material daur ulang dan bekas.

“Tema yang diusung Keindahan Natural dari yang Terabaikan,” kata Executive Vice President (EVP) PT KAI Daop 4, Sucipto Susilo Hadi, di Semarang, Kamis (9/7).

Ia mengatakan, PT KAI Daop 4 Semarang berupaya menjadi penyelenggara jasa transportasi yang ramah lingkungan. Penggunaan bahan-bahan ramah lingkungan yang berkualitas mengadopsi dari interior kereta di Shinkanshen Tsubme - JR Kyushu - Sonic (salah satu perusahaan layanan perkereta-apian di Jepang.

Selain itu, setiap gerbong kereta penumpang ini juga Ia juga dilengkapi televisi (TV). Sehingga menjadikan KA Kaligung ini merupakan kereta ekonomi yang berfasilitas TV. Televisi itu menambah kelengkapan sarana AC dan stok kontak listrik sebagai penyalur daya ke baterai telepon seluler penumpang.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement