Ahad 12 Jul 2015 16:21 WIB

BaznasJatim Ajak Anak Yatim Berbuka di Hotel

Red: Agung Sasongko
Anak yatim-dhuafa tengah berbelanja.
Foto: mgrol26
Anak yatim-dhuafa tengah berbelanja.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA --  Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Timur mengajak 2.750 anak yatim dari Surabaya dan sekitarnya untuk berbuka puasa bersama secara bertahap pada lima hotel di Surabaya.

"Kami ingin memuliakan yatim dengan merasakan atmosfer hotel yang nyaman, mewah dan indah dengan sajian istimewa," kata Kepala Bagian Pengembangan dan Pengumpulan Baznas Jatim Abdul Kholik di Surabaya, Sabtu Malam.

Menurut dia, kegiatan semacam ini merupakan agenda tahunan yang selalu diselenggarakan Baznas Jatim bersama sejumlah hotel di Surabaya. Hanya saja, tahun ini ada dua hotel yang baru saja bergabung.

"Tahun lalu, kami mengadakan kegiatan yang sama dengan tiga hotel di Surabaya, yakni Hotel Novotel, Hotel Mercure, dan Hotel Ibis Rajawali. Alhamdulillah, tahun ini tambah dua hotel lagi, yaitu Hotel Harris dan Hotel Santika," katanya.

Kegiatan itu dilakukan secara bergilirian yakni Selasa (7/7) sore di Hotel Novotel Surabaya untuk seribu anak yatim/dhuafa dari puluhan yayasan panti asuhan atau lembaga sosial lainnya. Pada Rabu (8/7) sore dilakukan di Hotel Mercure Surabaya dengan dihadiri seribu anak yatim/dhuafa, lalu di Hotel Santika pada Kamis (9/7) dengan 200 anak.

Pada Senin (13/7) dengan 350 anak di Hotel Ibis Rajawali dan Hotel Harris pada hari yang sama bersama 200 anak."Selain berbuka puasa, para peserta juga diberi bantuan alat sekolah berupa tas dan kelengkapan alat tulis menulis serta uang saku," katanya.

Ia mengatakan, semua bantuan itu bersumber dari para donatur yang telah terkumpul di BAZNAS Jatim, kemudian didistribusikan kepada orang-orang yang berhak menerima dengan mekanisme survei dan seleksi yang sesuai dengan syariat.

"Kami juga akan mengajak 100 anak yatim untuk berbelanja baju lebaran di Citto Mall Surabaya pada Kamis (9/9) siang dalam kegiatan bertajuk 'Menjadi Orang Tua Asuh Sehari' yang juga dihadiri sejumlah donatur yang telah memberikan donasi," katanya.

Program lain dari Baznas Jatim adalah Jatim Cerdas (beasiswa SMA, Bantuan Sarana Belajar SD/SMP, Bimbel Gratis dan Pembinaan Penerima Beasiswa), dan Jatim Sehat (Klinik Al-Ikhlas untuk Dhuafa dan Umum, Jamkesbaz, Pengobatan Gratis Keliling dan Bantuan Biaya Bersalin).

Selanjutnya, Jatim Makmud (Bantuan Modal Bergulir, Bantuan Alat Kerja serta Pembinaan Spiriual dan Bisnis untuk UMKM), dan Jatim Takwa (Sosialisasi dan Kampanye Sadar Zakat, Konsultasi dan Jemput Zakat, Pengajian Komunitas Donatur, Kajian Agama Islam, PHBI, Walimah, Pengajian Rutin Instansi, Kultum, Khutbah Jumat, Kajian Al-Quran Tematik, Konsultasi Syariah dan Konsultasi Psikologi).

Berikutnya, Jatim Peduli (Bedah Rumah Dhuafa, Santunan Tunai untuk Fakir rutin setiap bulan, Bantuan Ibnu Sabil, Ambulan Gratis, Bantuan Korban Bencana, Buka Puasa Bersama Dhuafa dan Yatim, Parcel Idul Fitri, Qurban untuk Kampung Dhuafa).

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَيَسْتَفْتُوْنَكَ فِى النِّسَاۤءِۗ قُلِ اللّٰهُ يُفْتِيْكُمْ فِيْهِنَّ ۙوَمَا يُتْلٰى عَلَيْكُمْ فِى الْكِتٰبِ فِيْ يَتٰمَى النِّسَاۤءِ الّٰتِيْ لَا تُؤْتُوْنَهُنَّ مَا كُتِبَ لَهُنَّ وَتَرْغَبُوْنَ اَنْ تَنْكِحُوْهُنَّ وَالْمُسْتَضْعَفِيْنَ مِنَ الْوِلْدَانِۙ وَاَنْ تَقُوْمُوْا لِلْيَتٰمٰى بِالْقِسْطِ ۗوَمَا تَفْعَلُوْا مِنْ خَيْرٍ فَاِنَّ اللّٰهَ كَانَ بِهٖ عَلِيْمًا
Dan mereka meminta fatwa kepadamu tentang perempuan. Katakanlah, “Allah memberi fatwa kepadamu tentang mereka, dan apa yang dibacakan kepadamu dalam Al-Qur'an (juga memfatwakan) tentang para perempuan yatim yang tidak kamu berikan sesuatu (maskawin) yang ditetapkan untuk mereka, sedang kamu ingin menikahi mereka dan (tentang) anak-anak yang masih dipandang lemah. Dan (Allah menyuruh kamu) agar mengurus anak-anak yatim secara adil. Dan kebajikan apa pun yang kamu kerjakan, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui.”

(QS. An-Nisa' ayat 127)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement