Selasa 14 Jul 2015 06:17 WIB

Refleksi Keluarga Sakinah

Red: Dwi Murdaningsih
Keluarga sakinah (ilustrasi).
Foto:

Semiloka Nasional mengambil tema besar ”Reinterpretasi Konsep Keluarga Sakinah dalam Konteks Indonesia” yang dirinci dalam beberapa topik. Pertama, ”Napak tilas upaya Kementerian Agama RI dalam mewujudkan dan memelihara keluarga sakinah“ yang disampaikan oleh Kepala Puslitbang Kehidupan Keagamaan, yaitu Prof. Dr. Phil. H. M. Nur Kholis Setiawan sebagai Keynote Speech.

Kedua, “Perspektif Ekonomi dan Globalisasi: Keluarga Sakinah dalam pusaran globalisasi“ oleh Direktur Sekretariat Nasional Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (Pekka), yaitu Ir. Nani Zulminarni. Ketiga, “Perspektif Politik dan Hukum: Menimbang peraturan Daerah, Hukum Nasional, dan instrumen internasional tentang keluarga dan aturan lain yang berdampak pada keluarga“ oleh mantan Komisioner Komnas HAM dan Ketua Konsorsium Catatan Sipil dan Kependudukan, yaotu Lies Sugondo, MH.

Keempat, “Perspektif Sosial Budaya, Adat dan Tradisi Lokal: Belajar dari kearifan lokal dan menyikapi tradisi/adat yang menghambat sakinah dalam keluarga“ oleh Sosiolog dan Dosen UI yaitu Dr. Erna Karim, dan Kelima, ”Perspektif Agama: Dinamika wacana Islam tentang perkawinan dan keluarga“ oleh Dosen Fakultas Syariah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, yaitu Dr. Hamim Ilyas.

Semiloka Nasional ini menghasilkan beberapa kesimpulan: