Puncak Arus Balik Diprediksi Selasa Pekan Depan

Rep: c32/ Red: Hazliansyah

Sabtu 18 Jul 2015 18:25 WIB

Arus balik dari Tol Cikampek menuju Jakarta. Foto: Republika/Tahta Aidilla Arus balik dari Tol Cikampek menuju Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasuki H+1 Lebaran Idul Fitri 1436 H, arus balik sesuai pantauan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat di Posko Mudik Kenenterian Perhubungan (Kemenhub) sejauh ini belum terlihat. Puncak arus balik diprediksi baru akan terjadi pada Selasa pekan depan.

"Kalau pantauan kami, ada kemungkinan puncak arus balik akan terjadi pada Selasa nanti, karena kan pegawai negeri sudah mulai masuk tanggal 22 Juli 2015, hari Rabunya," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Djoko Sasono, Sabtu (18/7).

Ia menambahakan, puncak arus balik tahun ini akan terjadi secara terpecah. Hal tersebut dapat terjadi karena hari kembali bekerja untuk beberapa kalangan berbeda.

"Pegawai negeri, libur sekolah, lalu pekerja swasta, dan pedagang itu kan beda beda waktu liburnya. Jadi puncak arus balik mungkin tetap akan terpecah," jelas Djoko.

Selain itu juga ada kemungkinan peningkatan arus balik akan dimulai pada Senin pekan depan. Sehingga, lanjut dia, Senin akan terlihat bagaimana arus balik yang terjadi di setiap jalur darat.

Terpopuler