Jumat 24 Jul 2015 17:25 WIB

Jumlah Imigran dari Meksiko ke AS Turun Drastis

Red: Yudha Manggala P Putra
Peta lokasi kota El Paso di Texas, AS yang berbatasan dengan Meksiko
Peta lokasi kota El Paso di Texas, AS yang berbatasan dengan Meksiko

REPUBLIKA.CO.ID, SAN ANTONIO, TEXAS -- Isu seputar imigrasi masih menjadi sebuah topik yang hangat diperbincangkan dalam kampanye presiden Amerika Serikat, tetapi jumlah orang yang berimigrasi dari Meksiko ke Amerika Serikat secara legal dan illegal mengalami penurunan yang cukup tajam dalam beberapa tahun terakhir, menurut penelitian yang diterbitkan pada Rabu (22/7).

Seorang ahli demografi di Universitas Texas San Antonio dan UniversitasNew Hampshire mengatakan jumlah imigran yang berasal dari Meksiko mencapai angka tertinggi pada tahun 2003, dan mengalami penurunan lebih dari setengah sejak saat itu.  

Rogelio Saenz, dekan College of Public Policy di UTSA dan penulis utama penelitian tersebut, mengatakan alasan penurunan ini adalah menurunnya pekerjaan konstruksi yang lebih sedikit karena resesi pada tahun 2007 hingga 2009 dan meningkatnya ekonomi di negara Meksiko dan menurunnya angka kelahiran.

Sebanyak 819.000 orang bermigrasi dari Meksiko ke Amerika Serikat pada tahun 2008 hingga 2012, dibandingkan dengan 1,9 juta imigran pada tahun 2003 hingga 2007, atau mengalami  penurunan sekitar 57 persen, merujuk pada angka Sensus AS, yang tidak memisahkan antara imigrasi legal dan ilegal.