Ahad 26 Jul 2015 08:40 WIB

Lima Langkah Pulihkan Semangat Kerja Setelah Mudik

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Erik Purnama Putra
 Para pemudik turun dari Kereta Api di Stasiun Senen, Jakarta, Sabtu (25/7).
Foto: Republika/Prayogi
Para pemudik turun dari Kereta Api di Stasiun Senen, Jakarta, Sabtu (25/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Indonesia mencatat ada lima langkah yang dapat dilakukan untuk segera memulihkan semangat kerja sesudah mudik Idul Fitri 1436 Hijriah. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kemenkes Tjandra Yoga Aditama membeberkan, lima hal yang bisa dilakukan setelah mudik Lebaran.

Pertama, sesudah sampai di kota tempat kerja maka perlu istirahat sejenak, tidur nyenyak satu malam. “Kedua, pola makan agar segera kembali ke gizi seimbang. Jangan makan berlemak dan kue-kue secara berlebihan,” ujarnya, di Jakarta, Ahad (26/7).

Ketiga, olahraga teratur merupakan hal yang amat baik untuk meningkatkan semangat kerja sesudah libur, 30 menit sehari, beberapa hari dalam sepekan. Keempat, kalau merasa diperlukan maka ada baiknya cek ke dokter atau periksa ke laboratorium.

Hal itu, misalnya pada mereka yang ada penyakit kronik, atau kadar bahan tertentu kadang-kadang tinggi, atau memang ada gangguan atau keluhan kesehatan ketika sedang mudik yang lalu. “Kelima, patut bersyukur karena sudah menjalani mudik dengan baik, mengunjungi sanak kerabat, dan kampung halaman,” ujarnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement