Senin 10 Aug 2015 15:46 WIB

BI Beri Bantuan PLTS di Kutai Timur

Rep: Binti Sholikah/ Red: Djibril Muhammad
Bank Indonesia
Bank Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Bank Indonesia memberikan bantuan berupa penyediaan energi listrik terbarukan melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI). Penyerahan bantuan berupa Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk warga di Desa Sekerat, Kecamatan Bengalon Kabupaten Kutai Timur Provinsi Kalimantan Timur.

Bantuan diserahkan oleh Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo kepada Bupati Kutai Timur di sela-sela kunjungannya ke Balikpapan, Senin (10/8). Bantuan tersebut termasuk dalam total PSBI energi senilai Rp 5 miliar untuk Provinsi Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur.

Agus mengatakan, sejak 2008 sampai sekarang kondisi ekonomi dunia dalam keadaan kurang menggembirakan. Antara lain terjadi pertumbuhan ekonomi dunia terus menurun, harga komoditas selama tiga tahun terakhir juga terus menurun.

Hal seperti itu berdampak kepada Indonesia. Yang paling terkena dampak adalah kawasan di Sumatera dan Kalimantan. Karena selama ini tumpuan ekonomi dari ekspor sumber daya alam mentah dan belum ada proses nilai tambah.