Jumat 14 Aug 2015 13:22 WIB

Enam Pergantian Pemain dalam Laga Piala Presiden Inisiatif Promotor

Rep: Ali Mansur/ Red: Israr Itah
Hasani Abdulgani (kiri)
Foto: Facebook Hasani Abdul Gani
Hasani Abdulgani (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Turnamen Piala Presiden hampir pasti digulirkan. Sebanyak 13 klub dari Indonesia Super League (ISL) dan tiga klub dari Divisi Utama (DU) akan meramaikan turnamen yang digelar oleh Mahaka Sport and Entertainment.

Namun ada beberapa aturan unik yang diterapkan promotor dalam turnamen yang dimulai pada 30 Agustus mendatang ini. Salah satunya memperbolehkan pergantian enam pemain dalam satu laga.

Selain memperbolehkan pergantian enam pemain dalam satu kali pertandingan. Mahaka Sport and Entertainment juga menerapkan water break dalam pertandingan. Hal ini mengingat para pemain yang sudah lama tidak turun lapangan akibat tidak adanya kompetisi selama empat bulan terakhir.

"Aturan itu inisiatif promotor dan 16 peserta juga menyetujuinya. Apalagi ini bukan laga resmi FIFA," jelas CEO Mahaka Sport and Entertainment, Hasani Abdulgani, saat dihubungi melalui pesan singkat, Jumat (14/8).

Untuk format pertandingan sendiri menggunakan sistem home tournament dengan rincian empat klub sebagai tuan rumah, Persib Bandung, Arema Cronus, Bali United, dan PSM Makassar.

Selanjutnya, babak gugur akan menggunakan sistem pertandingan kandang-tandang. Hanya saja Mahaka Sport and Entertainment bakal memasukkan beberapa aturan unik dalam setiap pertandingan di fase penyisihan. Salah satunya harus ada pemenang dalam tiap pertandingan fase grup.

Maka dengan demikian jika kedua tim bermain imbang dalam waktu waktu normal, pemenang ditentukan lewat babak adu penalti.  Bahkan untuk melanjutkan ke babak tos-tosan tersebut tidak diperlukan babak tambahan yang lazim digunakan di berbagai turnamen.

"Langsung adu penalti, dan yang menang penalti dapat dua poin. Kalah penalti dapat satu poin. Untuk menang langsung tiga poin," jelas Hasani Abdulgani, saat ditemui di Hotel JS Luwansa, beberapa waktu lalu. 

 

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰبَنِيْٓ اٰدَمَ لَا يَفْتِنَنَّكُمُ الشَّيْطٰنُ كَمَآ اَخْرَجَ اَبَوَيْكُمْ مِّنَ الْجَنَّةِ يَنْزِعُ عَنْهُمَا لِبَاسَهُمَا لِيُرِيَهُمَا سَوْاٰتِهِمَا ۗاِنَّهٗ يَرٰىكُمْ هُوَ وَقَبِيْلُهٗ مِنْ حَيْثُ لَا تَرَوْنَهُمْۗ اِنَّا جَعَلْنَا الشَّيٰطِيْنَ اَوْلِيَاۤءَ لِلَّذِيْنَ لَا يُؤْمِنُوْنَ
Wahai anak cucu Adam! Janganlah sampai kamu tertipu oleh setan sebagaimana halnya dia (setan) telah mengeluarkan ibu bapakmu dari surga, dengan menanggalkan pakaian keduanya untuk memperlihatkan aurat keduanya. Sesungguhnya dia dan pengikutnya dapat melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan setan-setan itu pemimpin bagi orang-orang yang tidak beriman.

(QS. Al-A'raf ayat 27)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement