Senin 17 Aug 2015 17:25 WIB
Pesawat Trigana Hilang

Kemenhub Benarkan Adanya Serpihan Pesawat

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Angga Indrawan
 Keluarga korban jatuhnya pesawat Trigana Air mengikuti proses pendataan oleh tim DVI Polda Papua di kantor Dirjen Perhubungan Udara, Sentani, Jayapura, Papua, Senin (17/8).   (Antara/Lucky R)
Keluarga korban jatuhnya pesawat Trigana Air mengikuti proses pendataan oleh tim DVI Polda Papua di kantor Dirjen Perhubungan Udara, Sentani, Jayapura, Papua, Senin (17/8). (Antara/Lucky R)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membenarkan adanya serpihan pesawat yang diduga milik maskapai Trigana Air jenis ATR, dengan nomor penerbangan IL 267 yang hilang kontak pada Ahad (16/8) kemarin.

Staf Khusus Menteri Perhubungan Hadi M Djuraid mengatakan, informasi itu berdasarkan informasi yang diterima dari Pilot Trigana Air yang ikut dalam tim sar gabungan. Pilot melaporkan adanya serpihan pesawat di sebuah titik koordinat 140 29.953E, 04 49 289S pada pagi tadi pukul 08.30 WIT.

"Lokasi itu kira-kira posisinya 12 kilometer dari Bandara Oksibil," ujarnya kepada Republika, Senin (17/8).

Hal itulah yang menjadi acuan bagi tim sar gabungan dengan jumlah 60 orang yang terdiri atas TNI, Polri, Basarnas, dan Kemenhub untuk bergerak menuju titik koordinat lokasi pada pukul 09.00 WIT. Namun, ekstremnya kondisi geografis wilayah tersebut, lanjutnya, membuat tim kesulitan untuk mendekati lokasi.

"Dari informasi sementara, titik tersebut berada di ketinggian 8500 kaki sehingga diperkirakan ada di lereng sebuah gunung atau bukit dengan kemiringan sekitar 40 derajat," lanjutnya.

Mengingat kondisi cuaca sudah tidak memungkinkan, Hadi melanjutkan, proses pencarian dihentikan pada pukul 16.00 WIT, dan akan dilakukan kembali besok pagi mulai pukul 06.30 WIT.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement