Selasa 18 Aug 2015 16:36 WIB

DPD: Kecelakaan Trigana Coreng Penerbangan Indonesia

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Karta Raharja Ucu
 Foto yang dirilis oleh Badan SAR Nasional (Basarnas), memperlihatkan puing pesawat Trigana Air yang hilang kontak di kawasan Oksibil,Papua, Senin (17/8).    (AP/Basarnas)
Foto yang dirilis oleh Badan SAR Nasional (Basarnas), memperlihatkan puing pesawat Trigana Air yang hilang kontak di kawasan Oksibil,Papua, Senin (17/8). (AP/Basarnas)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI menilai, kecelakaan Trigana Air di Papua telah mencoreng dunia penerbangan Indonesia. Wakil Ketua Komite II DPD RI, Ahmad Nawardi mengatakan, rangkaian insiden dalam dunia penerbangan sungguh sangat memprihatinkan.

"Sistem penerbangan dari Kementerian Perhubungan harus dievaluasi secara keseluruhan," katanya dalam konferensi pers terkait persoalan penerbangan, di Komplek Parlemen, Selasa (18/7).

Selama ini, lanjutnya, setiap terjadi kecelakaan pesawat, cuaca selalu dijadikan faktor penyebabnya. Padahal, menurutnya, pasti terdapat unsur kelalalaian dalam setiap kecelakaan.

"Namun, unsur kelalaian itu tidak pernah dipublikasikan," ucap dia.

Selain itu, menurutnya, Kementerian Perhubungan harus bertanggung jawab penuh atas insiden Trigana Air. Senator dari Jawa Timur itu mencatat, belum genap satu tahun Menteri Perhubungan Ignatius Jonan menjabat, namun sudah terjadi kecelakaan pesawat sebanyak tiga kali sepanjang masa jabatannya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement