Selasa 18 Aug 2015 17:44 WIB

DPD: Trigana Air Terbang Saat Jam Rawan Kecelakaan

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Karta Raharja Ucu
Petugas menunjukkan foto udara lokasi kecelakaan pesawat Trigana Air di Kantor Basarnas, Jakarta, Selasa (18/8).
Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Petugas menunjukkan foto udara lokasi kecelakaan pesawat Trigana Air di Kantor Basarnas, Jakarta, Selasa (18/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Charles Simaremare mengatakan, insiden Trigana Air yang jatuh di Papua, melukai hati masyarakat, terutama masyarakat Papua. Ia menilai, seharusnya insiden itu dapat dihindari.

"Di Oksibil, kabut tebal mulai muncul sekitar pukul 14.00 Waktu Indonesia Timur (WIT)," ujar Senator dari Papua tersebut. Padahal, Trigana Air dengan nomor penerbangan IL 267 itu baru lepas landas dari Jayapura pukul 14.22 WIT.

Dijadwalkan, lanjutnya, pesawat itu mendarat di Oksibil sekitar pukul 15.12 WIT. "Dapat dipastikan, jika pesawat itu mendarat saat menjelang sore hari, maka pesawat akan mendarat dalam keadaan berkabut. Itu merupakan saat-saat yang sangat rawan dan berpotensi terjadi kecelakaan," ucap dia.

Ia mengatakan, melihat potensi itu, seharusnya pesawat tidak dipaksakan untuk lepas landas. Belajar dari kejadian itu, Charles Simaremare berharap agar jadwal penerbangan di Papua perlu dilakukan evaluasi agar sesuai dengan kondisi cuaca di daerah- daerah rawan kecelakaan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement