Rabu 19 Aug 2015 07:06 WIB

Dubes Vatikan Berbicara Keindahan Toleransi Antar Umat

Rep: C16/ Red: Ilham
Peringatan Hari Toleransi Internasional di Jakarta.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Peringatan Hari Toleransi Internasional di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr. Antonio Guido Filipazzi mengatakan, kebersamaan dan kesatuan yang menyeluruh antar umar beragama dapat dibangun dengan menghadirkan nilai-nilai toleransi.

Menurut Antonio, yang juga merupakan seorang pastur, toleransi membuat kita dapat saling memahami dan mendukung satu sama lain. Karenanya, saling bersama dalam harmoni, berkontribusi serta berkolaborasi dalam hubungan antar umat beragama sangatlah penting.

"Toleransi itu kata yang indah, saya rasa toleransi adalah cara terbaik untuk hidup bersama," ujar Antonio, Selasa (19/8).

Antonio menambahkan, setiap orang di dunia ini tentunya ingin mencari kebenaran pada agama yang benar-benar diyakininya. Hingga kemudian, orang tersebut mempelajari, mendalami, dan mengikuti ajaran tersebut dengan penuh keyakinan. Dari pemahaman yang benar itulah timbul keinginan saling menebarkan nilai-nilai kebaikan dan kebenaran kepada orang lain.

Oleh sebab itu, Antonio menegaskan dalam toleransi itu penting untuk membangun kepercayaan dalam rangka meningkatkan hubungan kemanusiaan dan mempertahankan kesatuan umat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement