Rabu 19 Aug 2015 10:11 WIB

Ini Tiga Opsi Evakuasi Korban Trigana Jatuh

 Tim SAR dari unsur TNI dan Warga menunjukkan puing serpihan pesawat Trigana Air PK-YRN di kampung Oksob, Distrik Okbape, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Senin (17/8).
Foto: Antara/Kila
Tim SAR dari unsur TNI dan Warga menunjukkan puing serpihan pesawat Trigana Air PK-YRN di kampung Oksob, Distrik Okbape, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Senin (17/8).

REPUBLIKA.CO.ID,JAYAPURA--Tim gabungan pencarian korban pesawat Trigana Air menyiapkan tiga opsi evakuasi pengangkutan korban guna mengantisipasi cuaca yang kurang bersahabat.

"Jadi ada tiga opsi atau pilihan yang akan kami gunakan guna pengangkutan para korban pesawat Trigana dari lokasi terdekat ke Oksibil," kata Danrem 172/PWY Kolonel Sugiono ketika dikonfirmasi dari Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu.

Tiga opsi pengangkutan ke-54 korban itu, kata Sugiono, pertama dilakukan dengan cara evakuasi udara secara langsung di lokasi terdekat.

"Kedua, para korban dibawa lewat jalan darat ke lokasi terdekat, lalu gunakan helikopter. Atau opsi terakhir, semuanya lewat darat, dibawa ke lokasi terdekat lalu gunakan kendaraan ke Oksibil," katanya.

Mengenai cuaca, kata suami dari Dewi Sinta Setyawati itu, masih kurang bersahabat, awan masih menutupi langit Oksibil dan sekitarnya.

"Hingga kini cuaca belum memungkinkan untuk evakuasi secara langsung, makanya kami buat tiga opsi untuk pengangkutan ke Oksibil. Sekarang juga sudah ada masyarakat yang jalan darat angkut korban, diperkirakan sore baru tiba di Oksibil," kata mantan Danridam Aceh itu.

"Sedangkan, kotak hitam yang ditemukan kemarin, masih disini, belum diserahkan ke tim KNKT. Nanti saya serahkan dulu ke Ka Basarnas, lalu, dari Ka Basarnas diserahkan kepada tim KNKT," tambah alumni Akabri 1989 itu.

sumber : antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement