Selasa 01 Sep 2015 06:24 WIB

Pria Muslim Ini Dapat Gelar Bapak Australia

Rep: C27/ Red: Ani Nursalikah
Jamal Rifi, seorang pria Muslim yang dinobatkan menjadi Bapak Australia karena usahanya dalam mengayomi masyarakat.
Foto: onislam
Jamal Rifi, seorang pria Muslim yang dinobatkan menjadi Bapak Australia karena usahanya dalam mengayomi masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Menjadi Muslim berarti memberikan kebaikan kepada seluruh masyarakat. Seperti seorang pria Muslim yang dinobatkan menjadi Bapak Australia karena usahanya dalam mengayomi masyarakat.

"Inti dari setiap masyarakat adalah keluarga dan ayah memiliki peran penting untuk bermain," kata Jamal Rifi, kepada SBS dilansir dari OnIslam, Selasa (1/9).

Dikenal dengan seorang yang vokal dari komunitas Muslim, Rifi menjadi tokoh yang dapat menyatukan dan memperkuat Muslim Australia selama hampir 20 tahun. Dia mendapatkan gelar Bapak Australia tahun ini dari Shepherd Centre, sebuah badan amal anak-anak yang berasal dari Newtown.

Penghargaan itu diberikan karena Rifi mengangkat semangat murah hati dan upaya tak kenal lelah dalam bidang pemuda, keluarga dan pengembangan masyarakat, khususnya dalam tekadnya untuk menjembatani kesenjangan antara Muslim dan non-Muslim.

Pria kelahiran Lebanon ini awalnya ingin menjadi dokter setelah kehilangan adiknya. Saat itu Lebanon penuh dengan perang sipil.

Ia meninggalkan tanah kelahirannya dan melanjutkan studi di bidang kedokteran di Rumania. Setelah itu ia pindah ke Australia dan menyelesaikan gelar dokter di University of Sydney.

Dia pertama kali menarik perhatian media ketika menunjukkan sikap melawan pada aktivitas kekerasan geng kecil di masyarakat Lebanon pada pertengahan 1990-an dan menyuarakan penentangan selama kerusuhan Cronulla pada 2005. Ia juga tanpa segan mencekal perilaku ISIS sehingga mendapatkan ancaman pembunuhan.

"Saya mempertanyakan peran saya sebagai seorang ayah tahun lalu ketika saya dan keluarga saya menerima ancaman kematian karena tindakan saya terhadap ISIS," katanya.

Semenjak itu ia mulai membantu keluarga lain yang anak-anaknya mendapatkan ancaman radikal. Meski ia pun tetap merasa belum bisa menjadi ayah yang sempurna, tapi ia selalu mengutamakan keselamatan keluarga di seluruh masyarakat.

Sebelumnya, Rifi juga sudah mendapatkan pelbagai penghargaan dari beberapa lembaga, seperti koran Australia dengan kategori Australian of the Year, kemudian mendapat penghargaan the Human Rights and Equal Opportunity Award, serta the Pride of Australia Fair Go Medal.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا ضَرَبْتُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ فَتَبَيَّنُوْا وَلَا تَقُوْلُوْا لِمَنْ اَلْقٰىٓ اِلَيْكُمُ السَّلٰمَ لَسْتَ مُؤْمِنًاۚ تَبْتَغُوْنَ عَرَضَ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا ۖفَعِنْدَ اللّٰهِ مَغَانِمُ كَثِيْرَةٌ ۗ كَذٰلِكَ كُنْتُمْ مِّنْ قَبْلُ فَمَنَّ اللّٰهُ عَلَيْكُمْ فَتَبَيَّنُوْاۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرًا
Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu pergi (berperang) di jalan Allah, maka telitilah (carilah keterangan) dan janganlah kamu mengatakan kepada orang yang mengucapkan ”salam” kepadamu, ”Kamu bukan seorang yang beriman,” (lalu kamu membunuhnya), dengan maksud mencari harta benda kehidupan dunia, padahal di sisi Allah ada harta yang banyak. Begitu jugalah keadaan kamu dahulu, lalu Allah memberikan nikmat-Nya kepadamu, maka telitilah. Sungguh, Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan.

(QS. An-Nisa' ayat 94)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement