Ahad 06 Sep 2015 16:53 WIB

PM Finlandia Sediakan Rumahnya Bagi Pengungsi

Red: Ani Nursalikah
Juha Sipila
Juha Sipila

REPUBLIKA.CO.ID, HELSINKI -- Perdana Menteri Finlandia yang kaya raya Juha Sipila pada Sabtu (5/9) mengatakan akan menyediakan rumahnya di wilayah utara untuk menampung pengungsi.

Di tengah pergulatan pemimpin Eropa untuk mencapai kesepakatan dalam membuat kebijakan menghadapi banjir pengungsi ke Eropa, Sipila mengatakan pengungsi bisa menempati rumahnya di Kempele pada 2016.

Sipila, yang memiliki rumah lain di dekat ibu kota Helsinki serta rumah dinas mangatakan rumahnya di Kempele hanya sedikit dimanfaatkan.

"Kita semua seharusnya bercermin dan bertanya pada diri sendiri, apa yang dapat kita berikan," katanya dalam wawancara dengan media penyiaran YLE.

Tanggapan Sipila itu disampaikan setelah masyarakat marah atas upacara pembukaan pusat pengungsi di kota. Finlandia tidak terbiasa dengan imigrasi massal.

Pemerintahan tengah-kanan kini berkutat mengatasi keadaan di tengah-tengah pengetatan belanja serta peningkatan pengangguran di negara yang sedang dilanda resesi itu. Pemerintah pada Jumat memperkirakan peningkatan jumlah pencari suaka dua kali lipat pada tahun ini hingga mencapai 30 ribu dibandingkan tahun lalu hanya 3.600.

Sipila juga mengatakan Uni Eropa berencana membagi 120 ribu orang pengungsi yang masuk ke Yunani, Italia dan Hungaria ke negara-negara anggota UE yang harus sukarela menerima. Ia berharap Finlandia bisa memberi contoh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement