Sabtu 12 Sep 2015 14:02 WIB

PM Hungaria Serukan Paket Bantuan 3 Miliar Euro untuk Suriah

Rep: Gita Amanda/ Red: Ilham
Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban
Foto: independent.co.uk
Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban

REPUBLIKA.CO.ID, BUDAPEST -- Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban menyerukan negara-negara Uni Eropa untuk memberikan dana bantuan pada negara tetangga Suriah senilai tiga miliar euro. Dana tersebut untuk membantu mereka yang terlantar akibat perang sipil di Suriah.

Dilansir BBC News Sabtu (12/9), Orban mengatakan mendukung Turki, Lebanon, dan Yordania dengan paket tersebut bisa mengakhiri migrasi massal ke Eropa. Hungaria sendiri telah menghadapi 150 ribu migran yang menyebarang ke negaranya sepanjang tahun.

Dalam wawancara dengan surat kabar Bild Jerman, Orban mengatakan, dana tiga miliar tersebut dapat ditingkatkan oleh setiap negara Uni Eropa. Negara-negara dapat memberikan tambahan satu persen.

"Kami memiliki rencana yang akan saya sampaikan ke Uni Eropa pada pertemuan berikutnya. Ini berarti kami mendukung negara-negara tetangga Suriah dengan bantuan keuangan yang besar," ujarnya.

Dia mengatakan, dengan begini, pendatang dari Lebanon, Yordania, dan Turki harus kembali ke tempat asal mereka. Sebelumnya, Orban menambahkan, para pengungsi ini tak melarikan diri karena ancaman bahaya.

"Mereka tidak datang ke Eropa untuk mencari keamanan, tapi menginginkan kehidupan yang lebih baik. Kondisi hidup di Yunani, Macedonia, Serbia, Hungaria, dan Austria tak menarik bagi mereka," katanya.

Pada Jumat (11/9), Orban juga memperingatkan bahwa Hungaria akan memberlakukan undang-undang migrasi yang lebih ketat. Undang-undang tersebut akan mulai diberlakukan pada Selasa (15/9).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement