Ahad 13 Sep 2015 12:33 WIB

Wali Kota: Jika Asap Masih Pekat Sekolah Diliburkan

Warga berada di Jembatan Aur Duri II Sungai Batanghari yang tertutup kabut asap di Jambi, Rabu (9/9).   (Antara/Wahyu Putro A)
Warga berada di Jembatan Aur Duri II Sungai Batanghari yang tertutup kabut asap di Jambi, Rabu (9/9). (Antara/Wahyu Putro A)

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Wali Kota Jambi Provinsi Jambi, Sy Fasha, mengintruksikan kepada semua kepala sekolah dan semua jenjang pendidikan untuk meliburkan aktivitas belajar mengajar. Ini dilakukan jika kondisi kabut di daerahnya masih dalam kondisi pekat.

"Senin (14/9) besok sekolah tetap harus masuk, tapi kita lihat kondisinya dulu, kalau memang kabut masih pekat pulang sekolahnya bisa dipercepat. Kemudian dua hari ke depan sekolah diliburkan," kata Sy Fasha di Jambi, Ahad (13/9).

"Saya sudah kumpulkan kepala sekolah guna membahas dan mencari solusi di tengah kabut asap berbahaya yang cukup mengganggu kegiatan belajar mengajar di sekolah," katanya lagi.

Terkait banyaknya keluhan dari sejumlah siswa dan beberapa guru yang sering mendapatkan kabar libur sekolah secara mendadak, Fasha menyatakan bahwa sebelum menentukan libur, pihaknya harus berkoordinasi dan meminta rekomendasi pihak Badan Lingkungan Hidup (BLHD) Provinsi Jambi terlebih dahulu.

"Selama ini kita hanya menunggu datanya dari pihak Provinsi Jambi, dan alat ISPU di BLHD itu masih manual, kalau diukur pada pagi hari, maka hasilnya baru didapat pada siang harinya, makanya pengumuman agak terlambat," Fasha menjelaskan.

Wali kota juga berjanji kepada seluruh kepala sekolah jika kabut asap dalam kondisi berbahaya, pihaknya akan segera mengumumkan kepada kepala sekolah masing-masing. Dia menambahkan, kondisi ISPU di Kota Jambi sudah mencapai 400 ppm, dan jika dilihat secara kasat mata, kabut asap tentu sangat berbahaya bagi kesehatan anak-anak.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement