Selasa 15 Sep 2015 21:25 WIB

Bareskrim Akui Kerja Sama Penanganan Kebakaran Lahan Kurang

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Angga Indrawan
Kabut Asap dari kebakaran hutan menyelimuti kota Pekanbaru, Riau beberapa pekan terakhir.
Kabut Asap dari kebakaran hutan menyelimuti kota Pekanbaru, Riau beberapa pekan terakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Tindak Pidana Tertentu (Dirtipidter) Bareskrim Polri, Brigjen Yazid Fanani mengakui selama ini kerja sama antar stakeholder dalam penanganan kebakaran lahan dan hutan masih kurang. Padahal banyak persoalan yang mesti ditangani bersama dalam kasus tersebut.

"Tapi sekarang upaya penyidikan kebakaran ini tidak parsial, tetapi dilakukan secara holistik," ujar Yazid, di Bareskrim Polri, Selasa (15/9). Menurutnya, penindakan tidak hanya diproses hukum saja. Namun, juga berkaitan dengan persoalan perdata hingga sanksi adminitrasi yang perlu didalami oleh kementerian terkait.

Yazid menjelaskan, pola kerjasama antara Polri dan kementerian dalam penanganan kebakaran hutan dengan melakukan penindakan bersama. Misalnya, kata dia, saat penyidik polri bersama pihak kementerian meninjau langsung lokasi kebakaran.

Terkait dengan eksekusi penindakan, lanjut Yazid, dapat dilakukan sesuai kewenangan. Kementerian dapat mengeluarkan penuntutan akibat terjadi kerusakan hutan.

Karopenmas Mabes Polri, Brigjen Agus Rianto mengatakan, Polri akan mengirimkan satgas penanggulangan dan penegakan hukum ke beberapa wilayah terjadinya kebakaran lahan dan hutan. Khusus satgas penegakan hukum nantinya akan terdiri dari Bareskrim Polri dan Polda.

"Nanti ada 70 penyidik gabungan ke beberapa wilayah," ucap Agus.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement