Thursday, 10 Rabiul Awwal 1444 / 06 October 2022

Thursday, 10 Rabiul Awwal 1444 / 06 October 2022

 

10 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Mahasiswa Ini Olah Kepala Lele Jadi Nuget Lezat dan Bergizi

Kamis 17 Sep 2015 08:22 WIB

Rep: lintar satria/ Red: Taufik Rachman

Lele

Lele

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Memanfaatkan tulang kepala ikan lele yang biasa terbuang, tiga mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) membuat produk makanan yang lezat dan bernilai gizi tinggi.

 

Produk itu diberi nama “Nugget Kepala Ikan Sayur Lele Sangat Lezat” atau disingkat NUKIK SALE SALE. Ketiga mahasiswa UB yang berbeda disiplin ilmu itu adalah Mochammad Imam Sya’ Roni, Agung Prasetyo, dan Anggi Kristanto.

Imam Sya’ Roni mengungkapkan bahwa ide untuk membuat NUKIK SALE SALE berawal ketika dirinya menyantap lalapan ikan lele. Dalam kondisi uang saku bulanan yang mulai menipis dirinya berpikir andai bagian kepala ikan lele juga dapat dimakan akan membuatnya lebih kenyang. Setelah itu dirinya mencoba mencari informasi di internet tentang manfaat tulang ikan lele.

“Ternyata saya menemukan cukup banyak manfaatnya. Lalu yang paling menonjol adalah kandungan kasiumnya. Jadi kemudian saya pikir mungkin ini peluang wirausaha untuk kami,” ungkap Imam, Kamis (17/9).

Meski terbuat dari tulang kepala ikan lele NUKIK SALE SALE punya cita rasa yang enak dan tidak amis. Selain itu disampaikan oleh Imam bahwa NUKIK SALE SALE diolah secara higienis dan dikemas dalam kemasan kedap udara agar produk tidak mudah rusak.

Setelah proses riset, trial dan pembuatan NUKIK SALE SALE yang memakan waktu hingga satu bulan, NUKIK SALE SALE kemudian dipasarkan secara langsung dan online. Dimana secara online melalui facebook, BB dan LINE.

“Alhamdulillah sudah dipasarkan. Hasilnya cukup memuaskan dan membuat kami sempat kualahan karena keterbatasan alat dan modal,” ungkapnya.

Modal untuk memulai usaha NUKIK SALE SALE tersebut diakui oleh Imam dan timnya diperoleh dari DIKTI, karena produknya tersebut lolos dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2014 dan didanai DIKTI pada tahun 2015.

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile