Ahad 20 Sep 2015 09:15 WIB

Politisi Gerindra Tuding Jokowi dan Mendag sebagai Neolib

Red: M Akbar
Presiden Jokowi
Foto: ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma
Presiden Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi VI DPR RI Abdul Wachid menilai Presiden Jokowi dan Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Lembong adalah penganut neoliberalisme (neolib) dengan melakukan deregulasi ekonomi di sektor pangan dan lainnya. 

Politisi Partai Gerindra ini juga tidak setuju dengan sikap Presiden Jokowi yang akan memberikan kemudahan impor komoditas masuk ke Indonesia.

Pernyataan itu disampaikannya seteah Kementerian Perdagangan di bawah Thomas Limbong berencana melakukan deregulasi membebaskan impor sehingga bakal terjadi banjir impor produk luar negeri yang bisa menghancurkan produksi dalam negeri kalau pemerintah tidak memberikan perlindungan kepada konsumen dan industri domestik/dalam negeri.

“Saya tidak setuju dengan pernyataan Menteri Perdagangan yang melakukan deregulasi itu. Saya juga prihatin dengan Presiden (Jokowi) yang akan memberikan kemudahan impor komoditas-komoditas masuk ke Indonesia. Ini saya sangat tidak setuju,” kata Abdul Wachid di Jakarta, Sabtu (19/9).