Kamis 24 Sep 2015 07:53 WIB

Jokowi Kurban Sapi di Masjid Al-Akbar Surabaya

Red: Ani Nursalikah
Presiden Joko Widodo
Foto: REUTERS/Beawiharta
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkurban sapi jenis Simental dengan berat 1,250 ton di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS), Jawa Timur.

"Hewan kurban yang pertama kalinya dari Presiden untuk Masjid Al-Akbar itu sudah sampai dari Bojonegoro pada Rabu (23/9) siang," kata Humas Masjid Al Akbar Surabaya, Helmi M Noor, Kamis (24/9).

Selain Presiden, Gubernur Jatim Soekarwo, Wakil Gubernur Jatim H Saifullah Yusuf, dan Sekdaprov Akhmad Sukardi juga memberikan hewan kurban untuk disembelih di Masjid Al-Akbar.

"Sapi kurban dari Presiden Jokowi itu termasuk jenis Simental berusia tiga tahun dengan bobot 1,250 ton, sedangkan sapi kurban Gubernur Soekarwo juga sama jenisnya, tapi bobotnya lebih kecil sedikit, yakni 1,1 ton," katanya.

Secara keseluruhan, jumlah hewan kurban di Masjid Al Akbar mencapai 21 ekor ternak sapi dan 50 kambing, termasuk sapi dari Presiden Jokowi.

"Jumlah tersebut hampir sama dengan kurban tahun lalu. Tahun lalu kami juga menerima 21 sapi dan 66 kambing. Mungkin jumlah kambingnya akan sama karena jumlahnya bertambah terus hingga menjelang Shalat Idul Adha," katanya.

Shalat Idul Adha 1436 H/2015 di Masjid Al-Akbar Surabaya itu dipimpin khatib yang juga mantan Mendikbud KH Mohammad Nuh dengan tema "Menyemai Budaya Keteladanan".

"Untuk imam Shalad Idul Adha adalah KH Abdul Hamid Abdullah yang merupakan imam besar Masjid Al Akbar Surabaya sendiri," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement