Senin 28 Sep 2015 20:42 WIB

Dinsos Amankan Pengemis Kaya yang Punya Tiga Kios

Red: Erik Purnama Putra
Gelandangan dan pengemis.   (ilustrasi)
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Gelandangan dan pengemis. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Suku Dinas Sosial Jakarta Timur mengamankan pengemis kaya yang memiliki tiga kios setelah beroperasi selama tiga tahun di kawasan Pasar Obor Cijantung berdasarkan laporan masyarakat pada aplikasi Qlue.

"Satgas Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) Sudinsos Jakarta Timur langsung meluncur ke sana karena memang sudah siaga sejak siang dan malam dalam menindaklanjuti laporan warga, termasuk di media sosial. Mereka juga sudah berjaga di beberapa titik rawan penyandang masalah kesejahteraan sosial jalanan," kata Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Sudinsos Jakarta Timur M. Yasin di Jakarta, Senin (28/9).

Yasin mengatakan bahwa penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) bernama Muklis (70) tersebut akhirnya dibawa ke Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 2, Cipayung, Jakarta Timur untuk diberikan rehabilitasi sosial.

Menurut Sudin Sosial Jakarta Timur, selain memiliki tiga kios di daerah Kalisari Kecamatan Pasar Rebo, Muklis juga memiliki rumah permanen. "Menurut kami, Muklis termasuk keluarga yang mampu. Di rumah ia tinggal bersama ketiga anaknya, sedangkan istrinya ada di Padang.