Kamis 01 Oct 2015 14:32 WIB

Otak Pembunuhan Salim Kancil Harus Ditangkap

Rep: Ratna Ajeng T/ Red: Erik Purnama Putra
KTP milik Salim Kancil.
Foto: Republika/Andi Nurroni
KTP milik Salim Kancil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi III DPR Mulfachri Harahap mengatakan kepolisian harus mengungkap seluruh pihak yang terlibat dalam kasus terbunuhnya Salim Kancil. Kepolisian harus menangkap otak pembunuhan bukan hanya eksekutor.

"Saya yakin ada orang kuat yang terlibat dalam kasus ini, karena tidak mungkin orang begitu yakin melakukan tindakan kekerasan di luar batas nalar kita," ujar dia kepadaRepublika.co.id, Kamis (1/9).

Menurut Mulfachri, itu sudah melibatkan aparat pemerintahan karena kantor Balai Desa yang juga dipakai menjadi lokasi penganiayaan. Kepala desa yang ditangkap harusnya tak hanya dihukum pasal illegal ining.

Kepolisian harus menghukum pelaku tanpa mengelabui masyarakat. Tidak bisa mereka yang terlibat dalam pembunuhan hanya dikenakan pasal yang tak berkaitan dengan pasal pembunuhan.

Sebelumnya aktivis lingkungan Salim Kancil dibunuh dengan keji di Desa Selok Awar-Awar, Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jatim. Sebanyak 22 tersangka telah dtangkap oleh Mapolda Jatim.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement